Unggah Foto Karangan Bunga Seolah ‘Ejek’ Ahmad Dhani, Begini Kata Ari Wibowo


SURATKABAR.ID – Vonis hukuman penjara 1,5 tahun telah diterima oleh musisi dan politikus Ahmad Dhani terkait ujaran kebencian mengandung SARA. Topik ini masih menjadi perbincangan hangat di setiap kalangan masyarakat. Tak sedikit pula pro dan kontra yang terlontar dari kalangan selebritas tanah air sendiri. Banyak yang mengomentari serta menanggapi kasus yang menimpa pentolan Dewa 19 tersebut.

Melansir Hipwee.com, Rabu (30/01/2019), beberapa selebritas juga menjadikan kasus ujaran kebencian Dhani ini sebagai pembelajaran ke depannya. Salah satunya adalah Ari Wibowo. Aktor senior ini ikut memberikan pendapatnya melalui akun Instagram pribadinya. Namun rupanya tanggapan dari Ari Wibobo justru memancing pro-kontra netizen.

Melalui caption yang ditulisnya, Ari Wibowo berharap kasus ini menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk menjaga mulut. Namun yang menimbulkan kontradiksi adalah foto yang diunggahnya. Pasalnya, foto tersebut memperlihatkan karangan bunga untuk Ahmad Dhani.

Dalam karangan bunga tersebut tertulis pesan sarkasme berbunyi “WELCOME AHMAD DHANI, ENJOY IT BROO. Ari mengatakan bahwa itu bukanlah foto ataupun karangan bunga miliknya. Foto itu rupanya ia ambil dari media sosial dan diunggahnya kembali ke Instagram. Melalui postingan ini, Ari menambahkan opininya di keterangan foto.

Harapan Ari, kejadian yang menimpa Ahmad  Dhani ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua agar lebih menjaga lisan. Apalagi jika yang dipermasalahkan hanya dalam urusan politik belaka. Meski begitu, Ari juga melarang netizen untuk bersenang-senang di atas penderitaan orang lain—yang dalam kasus ini adalah dipenjarakannya Ahmad Dhani.

Baca juga: Divonis 1,5 Tahun, Ahmad Dhani Langsung Diboyong ke Rutan Cipinan

Ari menambahkan, ia sebenarnya tak setuju jika Dhani dipenjara. Ari juga tak setuju jika Ahok juga pernah ditindak lewat jalur yang sama. Tapi karena Indonesia ini merupakan negara hukum, jadi harus ada sanksi yang diterima.

Tak sedikit juga netizen yang mempermasalahkan mengapa harus foto itu yang dipilih Ari. Apalagi jika niatnya untuk memperingatkan. Sebaliknya, menurut warganet, dipostingnya foto itu malah seolah yang bersangkutan cenderung ingin menggiring opini publik.

Sadar akan postingannya yang pasti memancing pro kontra ini, Ari pun mengingatkan followers–nya untuk tidak terpancing. Apalagi menyerang satu sama lain. Namun tetap saja, banyak netizen yang menuliskan pendapatnya di kolom komentar. Bagi sebagian netizen, postingan Ari Wibowo ini justru menggiring opini lantaran memilih foto itu.

Bahkan mereka meminta agar Ari membayangkan jika ia berada di posisi Ahmad Dhani lalu ada rekan sesama artis yang mengunggah foto karangan bunga seperti ini.

Meski begitu, ada juga suara pro Ari dari warganet. Mereka setuju dengan caption yang dituliskan Ari. Bahwa kita harus menjaga lisan karena suatu saat apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Mereka berharap bahwa kejadian ini membuat yang lain jera, pun dengan kasus Ahok yang sudah selesai.