Antara Serai dan Lavender, Rupanya Ini Resep yang Paling Efektif Usir Nyamuk-Nyamuk Nakal Pembawa DBD


SURATKABAR.ID – Ada berbagai carai untuk mengatasi serangan koloni nyamuk setiap kali memasuki musim hujan seperti sekarang ini, seperti meletakkan tanaman yang dipercaya ampuh usir nyamuk. Langkah tersebut untuk menyiasati penyebaran dan penularan demam berdarah dengue (DBD).

Lavender dan sereh atau serai yang paling banyak ditanam untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal. Namun benarkah kedua tanaman itu manjur? Menjawab itu, peneliti Eliminate Dengue Project (EDP) Universitas Gadjah Mada dr Riris Andono Ahmad, MPH, PhD, buka suara.

“Ada beberapa tanaman seperti lavender yang bisa mengusir nyamuk atau tanaman lain. Tetapi untuk sereh, saya belum pernah lihat penelitiannya,” jelas dr Riris Andono Ahmad, ketika dihubungi, pada Selasa (29/1) seperti yang dikutip dari Detik.com.

Lebih lanjut, ia menambahkan, tanaman serai atau sereh memang cukup lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Langkah ini dilakukan secara tradisional dan turun-temurun, dari kakek-nenek kita. Berbeda dengan lavender, penelitian sereh sebagai pengusir nyamuk belum mendalam.

Baca Juga: Ajaib! Hanya Bahan Rumahan Sederhana, Tapi Bisa Basmi Kecoak Selamanya

“Ada beberapa tanaman yang memang mampu mengusir nyamuk. Seperti lavender itu memang sudah terbukti. Terkait dengan sereh, secara tradisional memang orang menggunakan minyak sereh. Seberapa efektif, terus terang belum tahu,” jelasnya.

Sementara itu, pakar insektisida nabati Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (ITB) menyebut, lavender dan sereh cukup manjur menangkal nyamuk penyebab DBD karena kandungan di dalamnya.

Kandungan senyawa diethylmeta tolumida (DEET) di dalam lavender dan sereh sangat dibenci nyamuk Aedes aegypty. Aroma pada tanaman lavender dan sereh dalam bentuk utuh dapat tercium nyamuk pembawa virus DBD.

“Sebetulnya nggak ada masalah menggunakan tanaman lavender dan sereh untuk mengusir nyamuk. Dalam bentuk tanaman utuh atau sudah jari senyawa tertentu, sama-sama bisa mencegah gigitan nyamuk. Namun bentuk apapun yang dipilih tetap harus dibarengi metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” jelasnya, Selasa (29/1).