Liliyana Natsir Pensiun dan Jadi PNS, Begini Pesan Khusus dari Jokowi


SURATKABAR.ID – Setelah resmi menyatakan pensiun dari dunia olahraga dan bulu tangkis, Liliyana Natsir berpamitan kepada Presiden RI Joko Widodo. Kepala Negara pun memberikan pesan khusus teruntuk Liliyana untuk memberikan motivasi pada pemain muda di klub-klub di Indonesia.

Melansir SindoNews.com, Selasa (29/01/2019), secara resmi, Liliyana yang di akhir kariernya berpasangan dengan Tontowi Ahmad ini telah menyatakan gantung raket di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/01/2019) lalu.

Seremonial tersebut dilakukan sesaat sebelum Liliyana dan Tontowi tampil di final Indonesia Masters 2019. Namun sayang, di laga terakhirnya itu, Liliyana gagal meraih gelar setelah ditumbangkan pasangan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Sedangkan untuk skornya adalah 21-19, 19-21.

Menukil Setkab, Selasa (29/01/2019), Presiden Jokowi kepada media menuturkan Indonesia sangat kehilangan Liliyana atas pensiunnya tersebut.

“Intinya Indonesia sangat kehilangan atas pensiunnya Liliyana Natsir (Butet) yang apapun bukan hanya negara kita, bukan hanya Indonesia tapi dunia juga akan kehilangan sosok seperti Butet ini,” ungkap Bapak Presiden.

Baca juga: KPU Tetapkan Anisha Dasuki-Tommy Tjokro Sebagai Moderator Debat Kedua

Presiden Jokowi berharap, keberhasilan Liliyana yang menorehkan pretasi dunia untuk membawa nama Indonesia ini bisa dijadikan inspirasi, nilai-nilai sebuah prestasi bagi pemain-pemain bulu tangkis junior.

Jadi PNS

Setelah gantung raket sebagai pemain bulutangkis, Liliyana ingin mengabdi pada negara sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) alias PNS (Pegawai Negeri Sipil).

“Tapi tetap yang saya titipkan agar bisa memotivasi. Muter ke seluruh klub-klub yang ada di daerah-daerah, di pelatihan-pelatihan yang di daerah-daerah, ke klub-klub semuanya beri motivasi apa yang harus dikerjakan apa yang harus dilakukan dalam meraih sebuah prestasi seperti yang sudah didapat oleh Liliyana. Itu aja,” tandas Presiden Jokowi menyampaikan.

Sementara itu, ditukil dari laporan Kompas.com (29/01/2018), Menpora sudah memastikan bahwa Liliyana segera diangkat menjadi PNS. Tak tanggung-tanggung, Imam juga menjanjikan posisi yang istimewa untuk atlet kelahiran Manado tersebut.

Hal ini disampaikan Imam saat mengantarkan Liliyana berpamitan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, Selasa (29/01/2019). Imam juga menyebutkan bahwa saat ini Liliyana telah melewati uji kompetensi sebagai PNS. Dan hasilnya, Liliyana berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan.

“Mungkin banyak yang tidak menduga karena dia banyak di lapangan. Tapi begitu masuk kepada proses seleksi dan ujian kompetensi, ternyata hasilnya sangat luar biasa,” tutur Imam.

Lebih lanjut, Imam menyebutkan jika nanti proses administrasi selesai, Liliyana akan segera diangkat menjadi PNS di bidang tenaga fungsional kepelatihan dan atlet yang berada di bawah kementeriannya.

“Itu (posisi) yang kami siapkan, yang pasti Butet istimewalah,” imbuhnya.

Adapun Presiden Jokowi juga berpesan agar Liliyana tetap memberikan motivasi kepada para juniornya meski nanti sudah diangkat menjadi PNS. Jokowi juga meminta Liliyana agar berkeliling ke seluruh klub bulu tangkis yang ada di daerah-daerah. Karena kata Jokowi, prestasi yang telah ditorehkan Liliyana selama berkarier akan memudahkannya dalam memberi motivasi kepada para juniornya.

“Beri motivasi apa yang harus dikerjakan, apa yang harus dilakukan dalam meraih sebuah prestasi seperti yang sudah didapat oleh Liliyana,” tukas Presiden Jokowi.

Liliyana yang mengaku senang karena diundang oleh Presioden ke Istana itupun mengatakan siap menjalankan pesan dari Presiden Jokowi.

“Jika saya dibutuhkan untuk membantu memotivasi adik-adik, menjadi inspirasi untuk adik-adik, saya siap untuk ke sana,” ungkapnya kemudian.