PKB Minta Jatah 10 Menteri, PAN: Jangan Kepedean


SURATKABAR.ID – Muhaimin Iskandar (Cak Imin) selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengharapkan agar partainya mendapat jatah 10 kursi menteri jika Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin memenangkan Pilpres 2019. Namun rupanya harapan ini menuai sindiran. Sindiran tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais.

“Komentarku kalau ngomong menteri sekarang, jangan kepedean,” tegas Hanafi Rais sambil tertawa di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/01/2019). Demikian dilansir dari SindoNews.com.

Ketika ditanya apakah ada di internal Koalisi Indonesia Adil Makmur yang membicarakan jatah menteri seperti PKB di Koalisi Jokowi-Ma’ruf, Hanafi menyebutkan, pihaknya optimis bahwa kubu Prabowo-Sandiagalah yang akan memenangkan Pilpres 2019.

“Kita yakin akan menang dan kita sekarang kerja untuk pemenangan itu,” beber wakil ketua komisi I DPR tersebut.

Diberitakan sebelumnya, PKB mengharapkan pihaknya akan mendapat jatah 10 kursi menteri jika Pasangan Jokowi-KH Ma’ruf terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024.

Baca juga: Yusril Sebut PBB Dukung Jokowi-Ma’ruf karena yang Paling Baik& Bermanfaat Bagi Umat Islam

Bahkan, harapan itu diumbar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara audiensi dengan anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di Gedung DPR Senayan Jakarta, Minggu (27/01/2019).

PDIP: Harusnya Berjuang Dulu

Lebih lanjut, menukil TribunNews.com, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto ikut menanggapi hal ini. Ia menilai, seharusnya Partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bekerja keras untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf, daripada harus mendiskusikan soal kursi kabinet dalam masa kampanye seperti sekarang ini.

Hal ini disampaikan Hasto dalam merespon pernyataan Cak Imin soal harapan 10 kursi kabinet jika Jokowi-Ma’ruf menang di Pilpres 2019.

“Ya kita berjuang dulu, menteri itu hak prerogatif presiden,” tukas Hasto ditemui usai pembekalan relawan Arus Bawah Jokowi, di aula Hotel Mahkota, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (27/01/2019).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini meminta agar Parpol KIK untuk terus berjuang dan menghadirkan kepemimpinan yang berjuang mensejahterakan rakyat.

“Menghadirkan pemimpin yang bawa kemajuan bagi kita bersama, bagi masa depan kita,” beber Hasto.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Cak Imin meminta sejumlah anggota Muslimat Nahdatlul Ulama untuk mendoakan agar kader NU semakin banyak duduk di kursi menteri jika Jokowi-Ma’ruf menang di Pemilu mendatang. Cak Imin menyampaikannya saat menemui Muslimat NU, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (27/01/2019).

“Ibu-ibu itu kalau kumpul doanya manjur. Semoga PKB bisa dapat 10 kursi (menteri),” imbuh Cak Imin usai acara.

Dalam sambutannya Cak Imin menyampaikan harapan agar 2019 Bangsa Indonesia ditopang oleh kondisi ekonomi yang makmur dan NU diberikan kesempatan lagi untuk membantu mewujudkan kondisi tersebut.

“Mudah-mudahan hal itu terwujud, hari ini menteri kita ada 4, mudah-mudahan ke depan ada 10 menteri dari NU,” sebutnya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.