Hati-Hati! Kalau Tidak Ingin Seperti Ini, Segera Hentikan Kebiasaan Ngecas HP di Mobil


SURATKABAR.IDSmartphone kini menjadi barang wajib yang harus dibawa setiap kali pergi ke luar rumah. Benda satu ini bisa menjadi obat pengusir kebosanan, terutama ketika terjebak kemacetan. Tak hanya bagi penumpang, handphone juga pahlawan para pengemudi di dalam mobil saat macet di jalan.

Namun seperti yang kita ketahui, baterai ponsel pintar memiliki waktu ketahanan tertentu. Jadi ketika sudah habis, biasanya pengguna akan mengecasnya di dalam mobil. Dan dari waktu ke waktu, para produsen mobil ikut menyempurnakan produknya dengan titik pengecasan.

Dan siapa yang menyangka jika mengecas handphone di dalam mobil ternyata sangat berbahaya. Seperti dihimpun Detik.com dari pemberitaan Business Insider, pada Minggu (27/1/2019), ketersediaan listrik di dalam mobil rupanya sangatlah terbatas.

Ketersediaan listrik tersebut bahkan dikatakan tidaklah cukup untuk mengisi baterai handphone Anda hingga penuh. Ketika kita menghubungkan handphone ke USB port di dalam mobil dengan daya rendah tersebut dapat menyebabkan ponsel mendapatkan daya di luar kapasitas USB port.

Baca Juga: Kerap Dianggap Sepele, Cegah HP Panas dengan 6 Trik Jitu Ini. Nomor 2 dan 3 Paling Sering Dilanggar

Hal tersebut jika dilakukan hingga berulang kali dapat mengakibatkan smartphone Anda ngadat ketika sedang dicas. Bahkan yang paling parah adalah, baterai ponsel Anda justru sama sekali tak terisi. Dampak negatif lainnya adalah mempercepat kerusakan pada charger milik Anda.

Efek ini baru dirasakan oleh handphone Anda saja. Karena ternyata kebiasaan mengecas ponsel di dalam mobil juga bisa berdampak pada kendaraan roda empat Anda. Terlampau sering mengecas handphone di mobil bisa membuat aki cepat habis.

Cepat atau lambat habisnya aki tergantung dari setiap tipe HP dan baterainya. Jika Anda memiliki mobil baru, hal tersebut tidak akan membawa masalah besar. Berbeda halnya ketika mobil sudah cukup berumur. Sangat disarankan untuk tidak mengecas handphone ketika Anda berkendara.

Jika ingin tetap aman terkendali, sebaiknya isi daya baterai ponsel Anda di tempat yang seharusnya, di mana tersedia stop kontak. Dan ketika dalam keadaan darurat yang sangat mendesak, Anda bisa mengandalkan powerbank sebagai jalan keluar.