Ahok Pamer Cincin Ajaib yang Bisa Nyala, Pakar Bongkar Fakta Sebenarnya Tak Disangka Ternyata…


SURATKABAR.ID – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak berlama-lama berdiam diri begitu keluar dari penjara. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menggunakan kesempatan dengan menyapa para pendukung serta masyarakat melalui vlog di channel YouTube miliknya, ‘Panggil Saya BTP’.

Dalam vlog tersebut, seperti dilansir dari laman Viva.co.id pada Sabtu (26/1/2019), Ahok mengisahkan apa saja yang telah ia lalui selama mendekam di balik jeruji besi di hadapan putranya, Nicholas Sean. Salah satunya, Ahok memamerkan cincin batu akik merah delima yang ia sebut sebagai cincin ajaib.

Alasan disebut cincin ajaib, pasalnya batu cincin yang dipakainya bisa menyala ketika diolesi air mineral. Nicholas terkejut menyaksikan keajaiban di depan matanya itu. Sempat diam beberapa saat, Nicholas kemudian menduga ada baterai yang membuat batu akik itu bisa menyala.

Mendengar itu, Ahok tertawa. Dengan tegas ia mengatakan batu akik itu menyala bukan karena tenaga baterai. Ia lalu menjelaskan, batu cincin itu pinjaman dari Ketua DPD Osman Sapta Odang. Menurut informasi yang ia dapat, batu itu merupakan jenis batu merah delima alias rubi yang berasal dari Afrika.

Cincin ajaib di tangan Ahok sontak menyita perhatian warganet yang menonton vlog tersebut. Salah satunya adalah ahli batu permata atau gemologis CGL Lab Gem Jakarta Timur, Zulham Effendi. Ia pun buka suara menjelaskan batu cincin yang dipamerkan Ahok bukanlah batu asli dari alam.

Baca Juga: Antara Rencana Pernikahan Ahok dan Tanggapan Keluarga Puput di Nganjuk

Ia mengungkapkan batu rubi asli tidak memiliki kemampuan menyala seperti yang terlihat dari cincin milik Ahok. “Batu rubi tidak ada kemampuan menyala. Itu bukan batu asli, buatan. Di dalamnya ada elemen listrik,” jelas Zulham, pada Jumat (25/1) malam.

Lebih lanjut, Zulham menjelaskan bahwa batu rubi digolongkan ke dalam keluarga mineral korundum atau aluminium florida. Warna merahnya disebabkan oleh kromium. Sementara namanya sendiri berasal dari isi buah delima yang warnanya merah.

Zulham dengan tegas mengungkapkan, batu rubi tidak akan menyala sebagai reaksinya ketika terkena air. Tidak ada pengaruh apapun saat permukaan batu mulia itu dioleskan air. Jadi apa yang terlihat dari batu cincin milik Ahok bukanlah suatu keajaiban seperti yang dikatakan dalam vlog.

Senada dengan Zulham, penghobi batu akik, Putra juga mengatakan batu alam jenis apapun tidak akan menunjukkan kemampuan menyala. Ia menjelaskan, meski bisa menyala, namun hal tersebut disebabkan dengan cara lain.

“Kalau batu asli (dari alam) itu akan menyala atau bersinar bila terkena cahaya lampu atau sinar matahari. Jadi dipastikan cincin yang dipakai Ahok itu bukan murni batu,” terang pria yang memiliki hobi batu akik sejak masih duduk di bangku SMP tersebut.

Ia pun menduga, cincin yang disebut Ahok ajaib itu merupakan batu masakan atau batu buatan. Bisa juga merupakan obsidian atau lahar gunung yang telah mendingin selama ratusan tahun dan menjadi batu.

Putra menjelaskan, memang ada batu akik atau batu cincin yang memiliki kemampuan menyala di tempat gelap. Akan tetapi jenis tersebut bukan batu murni dari batu alam. Jenis yang bisa menyala ketika di tempat gelap merupakan pospor. Meski keras seperti batu, namun wujudnya bukan batu.