Anisha Dasuki-Tommy Tjokro yang Jadi Moderator, BPN Yakin Debat Tambah Berkualitas


SURATKABAR.ID – Keputusan KPU yang menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat capres putaran kedua mendapat reaksi positif dari BPN Prabowo-Sandiaga. Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mereka menghormati putusan KPU dan yakin keduanya bisa memimpin jalannya debat dengan baik.

“Kami berharap keduanya bisa memimpin jalannya debat lebih baik dari sebelumnya. Insyaallah akan lebih berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat,” ujar juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, kepada awak media, Jumat (25/01/2019). Demikian melansir reportase Detik.com.

Andre mengatakan, Tommy dan Anisha merupakan sosok yang netral. Menurut penilaian Andre, keduanya akan membuat debat capres 17 Februari mendatang jadi lebih berkualitas.

“Kami percaya kedua moderator figur yang netral, berkompetensi untuk memimpin debat. Keputusan tadi kan diambil sesuai dengan kesepakatan bersama TKN-BPN juga,” ungkapnya.

Tommy dan Anisha ditetapkan KPU memimpin debat capres pada 17 Februari 2019. Debat itu akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta.

Baca juga: KPU Akan Stop Berikan Kisi-kisi ke Paslon dalam Debat Berikutnya

Debat antarcapres itu akan mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Sementara itu, KPU telah memutuskan moderator debat capres kedua dan menyampaikan ketetapan tersebut.

“Sebagaimana ditentukan dalam undang-undang, KPU dalam menetapkan moderator debat harus mendapatkan persetujuan masing-masing paslon. Debat kedua nanti moderator ya, kami tetap gunakan pola dua moderator. Pertama, Tommy Tjokro; kedua, Anisha Dasuki. Nanti akan kita hubungi,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman saat penetapan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (25/01/2019).

Penetapan moderator itu dihadiri perwakilan dua pasangan calon. Paslon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin diwakili Arya Bima, sedangkan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diwakili oleh Priyo Budi Santoso.

Sebelum penetapan itu, tiap perwakilan melakukan pertemuan tertutup, sehingga keputusan ini telah disepakati oleh kedua belah pihak. Tommy dan Anisha akan memimpin debat capres pada 17 Februari 2019 mendatang. Debat itu akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.