Petisi Oki Setiana Dewi : Belum Terbukti, Pembuat Petisi Abal-Abal?


Petisi Oki Setiana Dewi : Jangan Biasakan Komentar Tanpa Baca dan Cari Sumber yang Valid - Sumber Gambar - id.priceaz,com

Kebiasaan Komentar Tanpa Cari Sumber Berita

Saat bintang.com melakukan copy paste

Biasa anak muda kalau ngambek suka bilang putus
Ternyata pejabat pemerintah bisa juga seperti itu
Walikota Jakut susah kerja sama dengan si Ketus
Sekarang jenjang karirnya menemui jalan buntu

Halo Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah baca judul berita trus langsung komen?

Udah baca Petisi Oki Setiana Dewi?

Hahaha. Jangan bilang ga ya. Kemungkinan pernah melakukan itu adalah 100%. Untuk persentasi seberapa banyak orang Indonesia melakukan itu ga jelas. Tapi kita bisa membuktikannya.

Fakta ini terbukti kembali pada kasus Petisi Oki Setiana Dewi yang disebut sebagai Ustazah Abal-Abal. Silahkan berkunjung ke situs tukang petisi di change.org. Ada sebuah petisi yang berjudul “Stop Tayangan Ustadzah Abal Abal Oki Setiani Dewi”.

Dalam Petisi Oki Setiana Dewi tersebut disebutkan ada 8 (delapan) alasan, kenapa tayangan yang memuat Oki Setiana Dewi agar distop. Parahnya adalah di bintang.com 8 alasan itu di copi paste dan dijadikan topik utama tulisan.

Kenapa alasan-alasan dalam Petisi Oki Setiana Dewi tersebut dikatakan “parah”. Karena ga mengarah terhadap bukti apapun yang jelas. Hanya menyebutkan adanya pergantian akun, hack, penipuan lewat telepon, dan sms. Tapi ga jelas menunjukkan siapa yang melakukan pergantian akun, siapa yang menghack, seperti apa penipuannya, siapa yang melakukan penipuan, bagaimana caranya, dan apa dampaknya.

“Kalau cuma sekedar menuduh.

 Apa Bedanya, menuduh orang lain ga bertanggung jawab. Sedangkan kita menuduh tanpa bukti.”

Soal urusan komentar memang sangat gampang ya. Seluruh orang bisa komentar sesukanya sekarang. Begitu juga kasih komentar dengan Petisi Oki Setiana Dewi ini. Hanya dengan membuat status di facebook, berkicai ditwitter, dan pasang foto di instagram.

Baiklah daripada semakin ngelantur, kita kembali ke jalan yang benar. Soal Petisi Oki Setiana Dewi, siapaun “Jangan Biasakan Komentar Tanpa Baca dan Cari Sumber yang Valid”. Kebiasaan komentar tanpa cari sumber berita yang jelas dan berita yang belum tentu benar bukan pekerjaan orang dewasa. Anak kecil hanya akan melihat apa yang ada didepan kaca tanpa bertanya kenapa kaca itu memantulkan gambar yang terbalik.

Sayang banget bintang.com membuat berita hanya sekedar berdasarkan copy paste. Dari sebuah petisi. Itu bukan pekerjaan jurnalis. Sayang banget juga kita hanya membuat komentar tanpa tau darimana asal beritanya.

Berita soal Petisi Oki Setiana Dewi dan 8 (delapan) belum ada pembuktiannya benar atau ga. Klarifikasi dari yang bersangkutan juga belum ada. Jadi kalau kita ga mencari berita yang sebenarnya. Maka harus menunggu sampai ada yang membuktikan semua berita itu benar atau ga.

Jadi pilih yang mana, mencari atau menunggu?

Setiap asap ada apinya
Setiap akibat ada sebabnya
Mulai dengan sekali bertanya
Untuk temukan jawabannya

Petisi Oki Setiana Dewi : Jangan Biasakan Komentar Tanpa Baca dan Cari Sumber yang Valid - Sumber Gambar - pixabay,com

Tembalang, Semarang
14:08 WIB 28 April 2016
2016/04/28/9-118
Tulisan Kita

 

Sumber Gambar

id.priceaz.com diakses pada pukul 14:13 WIB hari Kamis, 28 April 2016
pixabay.com diakses pada pukul 14:13 WIB hari Kamis, 28 April 2016