Polisi Temukan Foto Syur dan 1.000 Video dari HP Mucikari Vanessa Angel


SURATKABAR.ID – Kasus prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila hingga kini masih terus didalami oleh Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim. Sebanyak 4 mucikari yang telah ditangkap kini terus menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh tim penyidik. Polisi juga masih memeriksa sejumlah saksi yang sebagian besar berasal dari kalangan artis dan model. Terlebih, polisi terus mengambil data dari handphone para mucikari di laboratorium forensik polda Jatim.

Mengutip OkeZone.com, Kamis (24/01/2019), berdasarkan hasil data digital forensik, polisi menemukan seribu video maupun foto syur artis yang diduga terlibat dalam prostitusi online.

Menurut penjelasan Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, dari data yang ada, penyidik mendapatkan banyak sekali dokumen. Saat ini, pihaknya tengah memilah-milah 20 ribu dokumen gambar dari barang bukti digital mucikari inisial S (Siska).

“Baik ada seribuan sekian video maupun foto screenshot atau foto yang dimiliki. Kita masih dalami dapat dari mana, kalau screenshot kita objektif dapat dari medsos atau pihak-pihak yang berkaitan,” demikian dibeberkan Yusep, Kamis (24/01/2019).

Meski begitu, imbuh Yusep, pihaknya akan melihat periode peristiwanya yakni 2017 dan 2018, tepatnya dimana prostitusi online itu terjadi. Pihaknya akan terus mengaitkan alat bukti yang ada. Ada banyak keterlibatan 4 mucikari yang sudah ditahan maupun dengan penghubung.

Baca juga: Polisi Tetapkan Vanessa Angel Sebagai Tersangka, Ternyata Ini Bukti Kuatnya

“Ini berdasarkan data-data rekening, transaksi keuangan, narasi gambar maupun film. Dari data yang kami dapat, kita kembangkan terus baik jaringan S ke atas maupun ke samping,” papar Yusep kemudian.

Seperti diketahui, mucikari S ditangkap anggota Subdit V Cyber Crime bersamaan dengan penggerebekan terhadap Vanessa Angel. Yang bersangkutan diamankan saat tengah berduaan bersama pria hidung belang di sebuah hotel di Surabaya, Sabtu (05/01/2019).

Di saat bersamaan polisi juga menangkap Avriellia di pintu keluar Jalan Tol Waru Sidoarjo. Avriellia juga diduga terlibat dalam kasus prostitusi online. Sang mucikari mematok tarif Vanessa Angel sebesar Rp 80 juta untuk sekali kencan. Sedangkan untuk tarif Avriellia dipatok Rp 25 juta untuk sekali pertemuan kencan.

Polda Jatim Surati 4 Artis Sebagai Saksi

Lebih lanjut, melansir Makassar.TribunNews.com, Polda Jatim akan mengagendakan pemanggilan empat artis sebagai saksi kasus prostitusi online bersangkutan. Pemanggilan tersebut difokuskan untuk menghadirkan empat artis sebagai saksi. Sebelumnya, diketahui mereka tidak memenuhi panggilan penyidik di Mapolda Jatim.

Menurut Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, pihaknya sempat mengalami kendala saat melayangkan surat pemanggilan artis tersebut. Pasalnya, ada kesalahan penulisan nama mengingat yang bersangkutan memakai nama populer. Sehingga tak ayal dilakukanlah revisi atas surat pemanggilan tersebut.

“Kami melayangkan surat pemanggilan ke dua terhadap saksi artis yang sebelumnya tidak memenuhi panggilan,” tukasnya di Mapolda Jatim, Rabu (23/01/2019).

Sementara itu, empat artis yang dipanggil sebagai saksi untuk kasus prostitusi online ini meliputi Mulya Lestari (ML), Baby Shu (BS), R alias Riri Febianti dan TP alias Tiara Permatasari. Keempat artis tersebut selanjutnya akan menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya dua artis dari enam daftar saksi yakni Fatya Ginanjasari dan Aldira Chena sudah memenuhi panggilan penyidik di Mapolda Jatim.

“Ada artis, presenter dan artis sinetron nanti dipanggil Senin pekan depan,” tukas Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Luki melanjutkan, pihaknya meminta dukungan dari ahli hukum pidana dan ITE untuk mendukung menjerat pelaku prostitusi online hingga membuat suatu penemuan norma hukum terhadap kejahatan asusila prostitusi online.

“Kalau memang bisa dibuktikan saya merasa ini merupakan hal yang baik karena kami melihat kasus kejahatan jaringan prostitusi online yang besar,” tukasnya.