Jarang Dipraktekkan! Rutin Minum Air Rebusan Daun Salam, Lihat yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda


SURATKABAR.ID – Pernahkah Anda mendengar manfaat dari daun salam? Tak hanya berguna untuk bumbu dapur saja, rupanya daun salam juga menyimpan banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Caranya cukup dengan meminum air rebusan daun salam secara rutin.

Pasalnya, seperti dilansir dari Tribunnews.com pada Kamis (24/1/2019), daun salam diperkaya dengan kandungan Vitamin C dan A, serta asam folat. Bukan hanya itu saja. Daun salam juga menyimpan berbagai mineral, seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potassium, dan kalsium.

Anda cukup merebus 3 gelas air dan tambahkan 10 lembar daun salam. Biarkan hingga mendidih dan air yang tersisa hanya segelas saja. Dengan mengkonsumsinya, Anda akan merasakan beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Mengobati Batu Ginjal

Dari sekian banyak manfaat minum air rebusan daun salam, salah satunya adalah dapat mengobati batu ginjal. Namun sebelum Anda mengkonsumsinya, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengobati Asam Urat

Cobalah meminum air rebusan daun salam sebanyak dua kali dalam sehari. Ramuan sederhana yang sangat mudah dibuat ini dapat membantu mengurangi kadar asam urat aneka masalah berkaitan dengan asam urat.

Baca Juga: Keren! Hanya dengan Segelas Air, Energi Negatif di Rumah Terdeteksi. Intip Caranya

Mengobati Darah Tinggi

Air rebusan daun salam juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Bahkan, dengan rutin meminum air rebusan daun salam, kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga bakalan menurun.

Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, minimum air rebusan daun salam bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Kandungan antioksidan di dalam daun salam juga terbukti dapat membantu tubuh memproduksi insulin.

Meningkatkan Kinerja Jantung

Tak banyak yang tahu, air rebusan daun salam juga bisa mencegah stroke serta bisa meningkatkan kinerja jantung. Hal tersebut dikarenakan daun salam menyimpan kandungan fitonutrien, asam caffeic, dan salicyclate.

Mengurangi Rasa Sakit

Jika Anda mengalami nyeri karena keseleo, tegang, atau radang pada persendian, semua keluhan ini bisa teratasi dengan memijat daerah yang sakit menggunakan minyak hasil ekstraksi daun salam. Minyak ini diperkaya dengan agen anti-inflamasi. Untuk hasil maksimal, meminum air rebusan daun salam juga, ya?

Mengobati Batuk

Kesal dengan batuk, pilek, flu, dan masalah pernapasan yang selalu datang setiap musim hujan? Tak perlu minum obat dari apotek. Cukup dengan meminum air rebusan daun salam dan menghirup uap panasnya saja, semua keluhan di atas akan kabur.

Mengatasi Sembelit

Susah buang air besar atau sembelit juga dapat diatasi dengan rutim meminum air rebusan daun salam. Pasalnya, air rebusan daun salam bersifat menenangkan. Jadi jika ada keluhan pada sistem pencernaan Anda, cukup dengan meminum ramuan mujarab ini.

Menyingkirkan Lemak di Tubuh

Perpaduan antara kayu manis dan daun salam menciptakan minuman penurun berat badan yang efektif. Kayu manis yang kaya akan kandungan minyak esensial, antioksidan, dan nutrisinya bisa mempercepat metabolisme tubuh. Dengan begitu pengeluaran energi pun meningkat.

Sementara daun salam sendiri mengandung zat diuretik yang berfungsi merangsang penceluaran cairan berlebih di jaringan tubuh. Ditambah dengan senyawa aktif pada daun salam, lemak bandel di perut, gas yang menumpuk, hingga gangguan pencernaan pun teratasi.

Caranya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan 1 liter air, 1 sendok teh bubuk kayu manis, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu (opsional) untuk menambahkan rasa. Didihkan air, kemudian tambahkan kayu manis bubuk dan daun salam.

Kecilkan api dan biarkan bahan-bahan larut selama kurang lebih 5 menit. Baru setelah itu saring sebelum Anda meminumnya. Konsumsi setiap pagi saat perut kosong. Sisanya bisa Anda minum di siang atau malam hari. Selamat mencoba!