Ingin Menapaki Karier Baru? Jangan Sembarangan, Ini 10 Skill yang Paling Dicari Perusahaan


SURATKABAR.ID – Jika Anda ingin mencoba peruntungan baru di tahun 2019 dengan mengubah karier yang selama ini digeluti, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak sembarangan mengambil langkah.

Pasalnya, dihimpun Kompas.com dari laman LinkedIn, Senin (21/1/2019), saat ini untuk mengajukan lamaran di sebuah perusahaan dibutuhkan kandidat diharuskan menguasai kombinasi antara hard skill dan soft skill. Kreativitas ada di posisi pertama daftar ketrampilan yang dibutuhkan perusahaan.

Mengutip dari laman resmi Forum Ekonomi Dunia (WEF), data jejaring LinkedIn tersebut senada dengan data dari Future Jobs Report WEF. Dari data-data tersebut dapat ditarik satu kesimpulan penting yang akan berguna bagi Anda yang berencana melamar suatu posisi tahun ini.

Ketrampilan ‘manusia’, seperti orisinalitas, inisiatif, dan juga pemikiran yang kritis nilainya cenderung meningkat di mata para pencari tenaga kerja. Hal tersebut terjadi seiring dengan kemajuan teknologi serta otomatisasi.

“Memperkuat soft skill adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk berhasil dalam karier. Karena hal tersebut tidak akan pernah kadaluarsa,” jelas Paul Petrone, LinkedIn Learning Editor, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jutaan Orang Menganggur Setiap Bulan, Ini Pendidikan yang Dibutuhkan untuk Masuk Dunia Kerja

Lantaran kecercasan buatan yang semakin berkembang, maka semakin penting pula sotf skill. “Selain itu, dengan berkembangnya AI (kecerdasan buatan) membuat soft skills menjadi semakin dibutuhkan. Karena hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh robot,” imbuh Petrone.

Selain kreativitas menurut LinkedIn, masih ada empat soft skill lainnya yang harus dikuasai para pencari kerja. Empat soft skill itu adalah persuasi atau kemampuan meyakinkan orang lain, kolaborasi, kemampuan adaptasi, serta manajemen waktu.

Di mata WEF, posisi berbagai ketrampilan tersebut juga sangat mungkin meningkat seiring dengan berjalannya waktu dengan proses pembelajaran aktif, kreativitas, dan pengaruh sosial yang juga akan meningkat dalam daftar tersebut.

Ada pun untuk hard skill, komputasi cloud saat ini menduduki posisi paling puncak. Lalu kemudian ada, AI, analytical reasoning, manajemen manusia, dan user experience (UX) design yang menyusul di urutan selanjutnya.

Di bawah ini adalah daftar skill yang paling dibutuhkan perusahaan-perusahaan tahun 2019:

Soft Skill:

1. Kreativitas

2. Persuasif

3. Kolaborasi

4. Kemampuan beradaptasi

5. Manajemen waktu

Hard Skill:

1. Komputasi cloud

2. Kecerdasan buatan

3. Analytical reasoning

4. Manajemen manusia

5. UX design