Resmikan Perumahan Khusus Tukang Cukur di Garut, Jokowi Ikut Potong Rambut: Ini Gaya Mohawk


SURATKABAR.ID – Program Pembangunan Rumah Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG) di Kampung Sampora, Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah diresmikan Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Sabtu (19/1/2019).

Menukil SindoNews.com, Sabtu (19/01/2019), program ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam mewujudkan program satu juta rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“Yang paling penting dari acara ini, pemerintah akan membangun perumahan untuk tukang cukur di Garut,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi juga berkesempatan dicukur oleh pencukur Garut di Area Wisata Situ Bagendit, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Tak hanya Presiden Jokowi saja, rambut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki juga ikut dicukur oleh pemangkas rambut dari PPRG. Sedangkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tak ikut dicukur rambutnya. Mantan Wali Kota Bandung tersebut hanya menyaksikan saja.

Saat ini, anggota Persatuan Pangkas Rambut Garut (PPRG) terdiri dari sekitar 3.500 orang yang tersebar di Garut dan kota besar di Tanah Air lainnya. Rencananya, ada 1.000 unit yang akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, terdiri dari dua tipe rumah, yaitu tipe subsidi berukuran 36/70 serta tipe komersil.

Baca juga: KPU Akan Stop Berikan Kisi-kisi ke Paslon dalam Debat Berikutnya

Adapun pembangunan Perum PPRG pada tahap awal berjumlah 112 unit yang didukung oleh skema bantuan pembiayaan rumah berupa bantuan dalam bentuk keringanan suku bunga cicilan pinjaman ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah pusat atau dalam bentuk bantuan uang muka.

Di Jabar sendiri, data realisasi penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) mencapai 204.783 unit atau yang terbesar secara nasional.

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat yang mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi mengungkapkan, komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para tukang cukur asal Garut memang cukup tepat.

“Artinya Provinsi Jawa Barat memanfaatkan lebih banyak bantuan subsidi perumahan dibandingkan dengan provinsi lain yang mencapai lebih dari 200 ribu perumahan,” tutur Kang Emil, sapaan akrab dari Ridwan Kamil.

Diketahui, Kampung Cukur yang berada di beberapa desa Kecamatan Bayuresmi, Kabupaten Garut sudah lama dikenal sebagai gudang tukang cukur handal di Tanah Air. Mayoritas warga di Kecamatan Banyuresmi terbiasa mempelajari ilmu cukur rambut sejak usia anak-anak. Dengan kemampuan alami, teknik cukur yang mereka pelajari semuanya dipelajari secara autodidak.

Pada perkembangan berikutnya banyak tukang cukur yang mengais rezeki di ibu kota, termasuk kota besar di Indonesia lainnya. Saat ini, banyak masyarakat dari luar Garut sengaja menimba ilmu di kecamatan Banyuresmi.

Rambut Gaya Mohawk

Melansir Jabar.TribunNews.com, Jokowi cukur rambut bersama puluhan warga garut lainnya. Presiden tiba di lokasi acara cukur massal di Situ Bagendit, di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, pukul 09.10 WIB.

Jokowi langsung menyapa tukang cukur langganannya, Herman.Herman sudah menjadi tukang cukur langganan Jokowi di Jakarta sejak 2013. Namun, ia asli kelahiran Garut.

“Herman dari kapan di sini?” sapa Jokowi.

Jokowi lalu langsung duduk di tempat yang sudah disediakan. Ia sempat mengajak para pejabat yang ikut dengannya untuk ikut cukur bersama, termasuk Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki, yang kepalanya plontos.

“Pak Teten?” goda Jokowi. Teten dan para pejabat yang hadir pun tertawa.

Setelah itu, rambut Jokowi langsung dipangkas oleh Herman. Herman mencukur rambut Jokowi selama sekitar 15 menit. Usai cukur, rambut Jokowi tampak tak banyak berubah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap tampil dengan gaya belah pinggirnya, hanya rambutnya kini lebih pendek sedikit.

“Ini gaya mohawk,” canda Kepala Negara.

Diketahui, Mohawk merupakan sejenis gaya rambut kultur punk/ Indian/ bohemian yang memotong habis bagian sisi kiri dan kanan hingga menyisakan bagian tengahnya saja dari depan hingga belakang. Potongan ini sekilas memang serupa dengan bentuk rambut kuda. Namun pada kasus Jokowi, tampaknya RI 1 itu tak benar-benar bergaya mohawk.

Tak hanya Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga ikut memangkas rambutnya dalam acara cukur massal ini.

Sementara itu, Teten yang kepalanya sudah plontos hanya meminta dipijat punggung dan kepalanya.

Adapun Ibu Negara Iriana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita hanya menyaksikan rambut Jokowi dan puluhan orang lainnya dipangkas dalam acara cukur massal itu.

Menurut Jokowi, pangkas rambut ini adalah keahlian yang banyak dimiliki oleh warga Garut. Bahkan para tukang cukur punya komunitas sendiri, yakni Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPGR).

Menurut Jokowi, pemerintah akan membangun perumahan bagi para tukang cukur di Garut yang jumlahnya cukup besar.

“Yang paling penting dari acara ini, pemerintah akan membangun perumahan untuk tukang cukur di Garut,” tukasnya.