Unik! Anak Ini Diberi Nama AA Agar Bisa Duduk di Depan Saat Ujian


SURATKABAR.ID – Cerita seorang ayah yang memberi nama putrinya dengan inisial AA saat ini tengah viral di media sosial. Pria asal Malaysia tersebut mengharapkan agar anak perempuannya kelak bisa duduk di depan saat mengikuti ujian di sekolah kelak. Kisah unik ini praktis langsung menjadi perhatian publik.

Mengutip OkeZone.com, Sabtu (19/01/2019), Mohd Arif M Kasim itu menamakan putrinya dengan inisial AA. Namun kisah awalnya tak langsung seperti itu. Anak perempuan itu muasalnya Arif bernama lengkap Airis Aurora. Menurut sang ayah, Airis berarti “bunga” dan “Aurora” adalah nama karakter permainan Mobile Legends, aplikasi game yang kerap dimainkan Arif.

Melansir World of Buzz pada Sabtu (19/01/2019), Arif memilih nama itu dengan tujuan agar anaknya mempunyai inisial AA. Sebab, ia ingin kelak putrinya selalu duduk di kursi paling depan sewaktu menjalani ujian di sekolah.

“Dalam ujian, mereka akan membuatnya duduk tepat di depan, tempat para pengawas berada. Itu berarti dia harus jujur,” tukas Arif menerangkan.

Arif pun bahkan sampai berbagi pengalamannya saat bekerja sebagai teknisi di sebuah sekolah. Pengalaman hidup itulah yang menginspirasi dirinya menamai putrinya dengan inisial itu.

Baca juga: Kota Ini Bisa Berdiri Tanpa Negara, Cheran Namanya

“Anda lihat, setiap kali hasil ujian ditempel di papan pengumuman, nama-nama yang dimulai dengan A ada di atas. Jadi saya dapat menemukan namanya jauh lebih mudah,” ujarnya menambahkan.

Tak hanya bertujuan duduk di depan saat ujian, Ari mengatakan bahwa penamaan tersebut juga berguna untuk memudahkan dirinya saat mengambil rapor nanti. Ia menyebutkan, inisial AA tentu akan dipanggil lebih awal menurut urutan alfabet. Sehingga, ia tak perlu menunggu lama nama anaknya dipanggil.

Nama Menentukan Kesuksesan dan Penjelasan Ilmiahnya

Lebih lanjut, nama seseorang bukan hanya merupakan sederet huruf yang digunakan untuk mengidentifikasi diri. Nama bahkan tak jarang dapat berpengaruh pada sukses tidaknya seseorang.

Faktanya, seperti dikutip dari laporan IDNTimes.com, ada beberapa nilai tambah yang didapat jika seseorang memiliki nama tertentu. Tak hanya untuk membentuk kepribadian saja, namun rupanya nama itu mampu membentuk persepsi orang terhadap dirinya serta masa depan dia.

Ada alasan ilmiah di balik nama seseorang. Karena sebenarnya, nama telah terbukti membawa dampak signifikan terhadap kesuksesan individu. Berikut penjelasannya.

1. Nama Pasaran

Nama pasaran terbukti lebih berpeluang untuk diterima bekerja daripada yang punya nama unik. Sebuah studi yang dipimpin oleh Universitas Marquette membuktikan, nama yang pasaran akan meningkatkan peluang untuk diterima bekerja daripada yang punya nama unik.

Sebagai contoh, nama Bayu, Agus, Ratna, Putri, akan lebih berpeluang diterima bekerja ketimbang nama Alakasyatabi.

2. Nama yang Mudah Dieja

Demikian juga dengan nama yang mudah dieja, nama ini berpeluang untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Studi yang dibuat oleh Universitas New York menemukan bahwa nama yang mudah dieja juga lebih sering mendapat tugas dan tanggung jawab besar. Sehingga dalam waktu singkat mereka akan naik jabatan dengan mudah.

Nama yang sederhana Adi atau Via tentu lebih mudah diingat dan familiar di otak banyak orang bila dibandingkan dengan Gwyndhiesch.

3. Nama Terakhir yang Punya Deretan Huruf Awal Alphabet

Nama terakhir yang punya deretan huruf awal alphabet lebih berpeluang untuk masuk ke sekolah yang bagus.

Riset yang dilakukan Republik Ceko juga menemukan fakta kontroversial. Murid yang memiliki nama terakhir yang berhuruf alfabet awal berkesempatan lebih untuk masuk sekolah keren dan bagus.

Seperti nama orang-orang yang berawalan huruf Andika. Mereka dikatakan lebih berkesempatan untuk diterima di sekolah bagus daripada teman-teman yang punya nama belakang Zigwenya atau Xaviero. Meski begitu, ada beberapa faktor penting lainnya yang menjadi penentu—selain sebuah nama.

4. Memiliki Inisial Nama Tengah Akan Membuat Orang Tampak Lebih Pintar dan Cakap

Contohnya seperti “Yoga E. Fadrian,”. Orang dengan nama seperti ini akan  lebih sering terlihat pintar dan cakap. Fakta ini dikeluarkan dan dipublikasi di Jurnal Psikologi Sosial Eropa.

5. Nama Pertama yang Berhuruf di Akhir Urutan Alfabet Cenderung Boros Saat Sedang Belanja

Rasanya memang mengejutkan, satu studi menemukan fakta bahwa orang yang punya nama dengan alfabet akhir seperti “Zahra” atau “Xena” cenderung suka berbelanja dan boros!

6. Nama Terakhir yang Berhubungan dengan Kerajaan Bisa Membantu Meraih Posisi Pekerjaan yang Lebih Tinggi

Sebuah studi di Eropa punya fakta mengejutkan soal hubungan nama terhadap posisi pekerjaan. Riset ini dilakukan di Jerman. Dan kesimpulannya, nama terakhir seperti “Kaiser” lebih berkesempatan untuk naik jabatan.

7. Perempuan yang Punya Nama ‘Netral’ Lebih Berkesempatan Untuk Meniti Karier Lebih Cemerlang

Bukan rahasia lagi jika di dunia karier orang-orang masih terlalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan jenis kelaminnya. Pekerjaan di dunia teknik dan hukum adalah contoh nyata, dua bidang tersebut dipenuhi oleh pria.

Meski begitu, nyatanya sebuah studi mengungkap bahwa memiliki nama yang ‘netral’ bisa membantu seorang perempuan untuk masuk ke bidang pekerjaan yang didominasi oleh pria. Contohnya seperti Riza.

8. Perusahaan Besar Biasanya Merekrut Karyawan yang Berinisial Nama Sama dengan Nama Perusahaan

Studi dari Universitas Ghent menemukan fakta bahwa perusahaan besar ternyata cenderung merekrut karyawan yang memiliki inisial nama yang sama dengan perusahaan tersebut.

Contohnya Dina Desila mungkin berpeluang besar untuk masuk ke Dunkin Donuts daripada Stevia Agnesia. Demikian juga dengan Alejandro yang lebih berpeluang diterima kerja di Apple. Kenapa bisa begitu? Karena orang-orang tertarik dengan segala bentuk kemiripan, termasuk nama.

9. Pria yang Punya Nama Depan Singkat Lebih Berpeluang Untuk Menjadi CEO

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan LinkedIn, lebih dari 100 juta profil yang dianalisis dan mereka menemukan hubungan bahwa para CEO mempunyai nama yang singkat seperti “Bob” atau “Tim.”

Dipercaya bahwa nama panggilan mereka yang singkat juga membuat mereka untuk lebih mudah membaur dengan orang sekitar sehingga bisa menaiki tangga CEO.

10. Wanita yang Namanya Kompleks Malah Lebih Sering Berada di Posisi Atas Pada Sebuah Pekerjaan

Pada studi yang sama, LinkedIn juga menemukan bahwa wanita malah kebalikan dari pria. Jika pria lebih dikenal karena nama panggilan pendek mereka, justru perempuan yang bernama lengkap seperti Deborah atau Anastasia malah membantu mereka untuk menciptakan imej profesional dalam mencapai posisi tinggi.