Mie Ayam Viral di Medsos Dibanderol Cuma Rp 2 Ribu Saja, Tak Disangka Ada Kisah Pilu di Baliknya


SURATKABAR.ID – Sekarang ini, dengan uang Rp 50 ribu kita cuma bisa belanja untuk makan sekeluarga sehari dengan menu lengkap. Jadi bisa dibayangkan apa yang dapat dibeli dengan uang Rp 2 ribu saja? Tapi ternyata cukup dengan satu lembar 2 ribuan kita sudah bisa menikmati semangkuk mie ayam!

Bukan isapan jempol belaka. Seperti dilansir dari laman Grid.ID pada Sabtu (19/1/2019), di sebuah warung mie ayam yang terletak di Dukuh Gondang RT 3 RW 7, Desa Grasak, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Anda bisa memesan seporsi mie ayam dengan membayar Rp 2 ribu.

Warung yang dimiliki Rika Septi Anadewi (25) dan sang suami, Febriana Trilaksono (25), sudah buka dua bulan, sejak Desember lalu. Keberadaan warung ini pun langsung menjadi viral setelah diunggah di media sosial Facebook.

“Dulu saya ikut bantu jualan bulik (tante) di dekat MTs 1 Gondang. Karena anak saya nggak ada yang jagain, ya sudah saya jualan di rumah saja,” tutur Rika ketika ditemui untuk dimintai klarifikasi terkait harga mie ayamnya, Jumat (18/1) sore.

Rika yang merupakan istri kuli bangunan ini rupanya mendapatkan resep bumbu mie ayam dari sang mertua. Tak cuma dirinya dan sang bulik saja. Ternyata mertua dan kakak Rika juga membuka warung mie ayam di tempat mereka masing-masing.

Baca Juga: Warung Makan Ayam Pelakor Hebohkan Jagad Maya, Kisah di Baliknya Bikin Pilu

Ketika ditanyai apakah tidak merugi karena menjual semangkuk mie ayam dengan harga di bawah harga pasaran, Rika menjawab ia malah banyak mendapat untung. “Alhamdulillah nggak rugi. Bulik saya yang berjualan mie ayam malah iri dengan laba yang saya dapat,” tuturnya.

Awalnya ia mengaku hanya memiliki modal Rp 100 ribu. Uang itu ia pinjam dari neneknya. Di hari-hari pertama membuka warung mie ayam, ia sanggup menjual sebanyak 100 porsi. Biasanya ia membeli mie kering merek Eko di pasar dekat rumah. Rata-rata setiap hari ia membeli 10 pak, rata-rata berisi 8 kg.

Sementara untuk daging ayam, setiap harinya ia menghabiskan 2 hingga 3 ekor. Dari penjualan mie ayam, Rika mengaku bisa meraup keuntungan hingga Rp 70 ribu dalam sehari. “Saya menjual Rp 2 ribu biar anak-anak juga bisa beli. Apalagi anak muda hingga orang tua,” ungkapnya.

Dan tak disangka, ada kisah sedih di balik keputusan Rika dan sang suami untuk menjual mie ayam seharga Rp 2 ribu. Suatu hari sebelum ia membuka warung dan mulai berjualan, anak mereka meminta uang jajan Rp 2 ribu.

Lantaran tak memiliki uang, Rika mengaku tak sanggup memenuhi permintaan sang buah hati. “Sedih, nelangsa. Ketika anak minta uang jajan Rp 2 ribu saja, saya nggak bisa ngasih,” terang Rika sembari meneteskan air mata.

Karena menjual mie ayam seharga Rp 2 ribu, ia mengaku mendapat banyak hujatan. “Mie ayam apa itu cuma Rp 2 ribu, mencurigakan. Pasti ayamnya ayam mati,” Rika yang langsung terbahak ketika disebutkan kalau ayamnya hidup, mie akan habis lebih dulu karena dimakan atau dipatuk ayam.

Sukses berjualan, Rika mengaku sangat senang karena bisa tetap mencari pundi-pundi rupiah tanpa perlu meninggalkan anaknya. Ia juga tetap mensyukuri keuntungan yang didapatkan meski jumlahnya tak terlalu banyak.

“Dulu saya bikin hanya satu panci, itu saja habis Alhamdulillah. Sekarang 3 panci besar kadang kurang,” tuturnya. “Yang penting saya tidak rugi. Bisa jualan, jaga anak, bisa beliin jajan anak,” imbuh Rika lebih lanjut.

Sekadar informasi, saat ini di sekitaran tempat tinggal Rika belum ada warung yang menjual mie ayam. Ia sendiri melayani para pembeli di dalam rumah yang bisa dikatakan cukup sederhana. Sebelum datang mereka biasanya memesan terlebih dahulu melalui aplikasi WhatsApp.

Ke depannya, ia berencana akan membuka warung mie ayam tepat di depan rumah. Saat ini ia bahkan sudah mulai bersiap dengan membeli mangkuk, wadah kecap, meja, dan juga kursi. “Kurang bersih-bersih, belum sempat. Suami saya masih bekerja,” papar Rika.

Untuk rasa, tak perlu diragukan. Meski seporsinya terbilang sedikit, tapi ternyata para pembeli mengaku mie ayam seharga Rp 2 ribu buatan Rika tak kalah dengan mie ayam yang dijual dengan harga lebih mahal. Sayangnya, jika orang dewasa yang makan, satu porsi pasti akan kurang.

Fira (31), seorang pelanggan Rika mengaku sudah menjadi langganan di warung mie ayam Rika. Pasalnya, selain terjangkau, mie ayam tersebut juga enak. “Harga murah, rasa enak. Mie ayam porsi kecil dengan harga segitu sudah cukup. Kualitasnya bagus, harganya juga bagus,” ujarnya.