Bukan Sekadar Legenda! Kapak Wiro Sableng Ada di Dunia Nyata, Tapi Dipegang Malaysia


SURATKABAR.ID – Wiro Sableng merupakan tokoh rekaan dalam cerita silat legendaris Indonesia yang dibekali senjata kapak. Namun siapa sangka ternyata kapak milik super hero Tanah Air ini benar-benar ada di dunia nyata. Sayang bukan disimpan Indonesia, melainkan di Malaysia.

Dilansir dari laman Detik.com pada Jumat (18/1/2019), jika Anda ingin melihat Kapak Wiro Sableng secara langsung, bisa datang ke Muzium Negara Malaysia di Jalan Damansara, Kuala Lumpur. Tempat tersebut merupakan museum nasional milik Negeri Jiran.

Museum yang dibangun pada 1906 tersebut sebenarnya pernah luluh lantak rata dengan tanah ketika Perang Dunia II pecah di tahun 1945. Namun pada 1959 hingga 1963 museum dibangun ulang dan sejak saat itu menjadi museum utama Malaysia.

Terdiri dari 2 lantai dan terbagi menjadi 4 galeri, pengunjung bisa mempelajari banyak hal di museum satu ini. Ada Galeri A, di mana sejarah awal dipamerkan. Kemudian Galeri B, tempat koleksi dari kerajaan-kerajaan Melayu. Era kolonial ada di Galeri C, dan Malaysia masa kini ada di Galeri D.

Untuk Kapak Wiro Sableng bisa Anda temui di Galeri B, Area B2, di mana koleksi kerajaan-kerajaan Melayu di Nusantara dipajang. Di area yang sama, Anda juga bisa menikmati berbagai artefak kuno yang berupa perhiasan hingga persenjataan dari masa lampau.

Baca Juga: Bikin Merinding, Seperti Inilah #10YearsChallenge Versi Para Survivor Kanker

Salah satu koleksi yang paling menarik perhatian adalah senjata yang diberi nama Wiro Sableng ini. Menurut keterangan resmi museum, senjata tersebut sudah berusia lebih dari 1 abad. Kapak Wiro Sableng dahulu digunakan dalam adat istiadat para raja di Tanah Jawa.

Wiro Sableng: Senjata yang berbentuk tombak ini ebrusia lebih dari 100 tahun. Bahagian pangkalnya berbentuk seperti mata kapak dan bersarung. Digunakan dalam adat istiadat diraja di Tanah Jawa,” demikian bunyi keterangan resmi Muzium Negara Malaysia.

Fakta menariknya adalah Wiro Sableng rupanya merupakan nama senjata kapak asal Tanah Jawa, yang menjadi koleksi dari Muzium Negara Malaysia. Entah kebetulan ataukah Bastian Tito, sang pencipta Wiro Sableng terinspirasi dari senjata kapak-tombak satu ini.

Tak hanya Kapak Wiro Sableng, di museum ini Anda juga bisa melihat berbagai koleksi menarik lain. Seperti replika tulang manusia purba yang berasal dari berbagai lokasi di Asia Tenggara. Selain itu ada juga diorama kehidupan manusia purba di Malaysia hingga artefak megalitikum yang menarik perhatian.

Koleksi berharga lain dari museum ini adalah patung Avalokitesvara yang menjadi Artefak Warisan Kebangsaan Malaysia. Patung yang terbuat dari perunggu ini ditemukan di tambang timah di Perak pada 1936. Diduga patung berasal dari abad ke-7 hingga 12 masehi.

Anda bisa menemukan banyak koleksi yang berkaitan dengan Kesultanan Malaka di museum ini. Kesultanan Malaka sendiri diketahui merupakan cikal bakal Malaysia. Selain itu, terdapat juga koleksi koin kuno Kesultanan Kelantan.

Selain Kapak Wiro Sableng, di sini Anda bisa menemukan senjata lain yakni Sundang atau Keris Melayu berukuran besar. Senjata ini berasal dari masa Kesultanan Sulu yang berkuasa di wilayah Borneo Malaysia.

Jika tertarik mengunjungi Muzium Negara Malaysia, Anda bisa datang kapan saja karena museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00. Namun usahakan tidak datang di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, ya, karena museum tutup.

Untuk tiket masuk wisatawan dewasa Anda bisa merogoh kocek sebesar RM 5 atau yang setara dengan Rp 17.300. Sedangkan untuk anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun dikenakan tiket seharga RM 2 atau Rp 6.900 saja. Selamat liburan!