Astaga! Mengaku Tuhan, Pria Ini Nekat Duduki Al Quran di Masjid Agung Sukabumi


SURATKABAR.IDSeorang pria yang mengaku dirinya tuhan nekat menduduki kitab suci umat Muslim, Al Quran. Kejadian tersetbu direkam dan kini videonya telah viral di media sosial sejak Rabu (16/01/2018) sore. Insiden tersebut terjadi di teras Masjid Agung Kota Sukabumi dan direkam oleh sejumlah pelajar dari SMAN 4 Kota Sukabumi. Dalam video tersebut, tampak seorang pria paruh baya yang bicara tak karuan sambil merokok. Dan bahkan, ia mengaku dirinya ialah tuhan.

Melansir laporan Teras.ID, Kamis (17/01/2019), hingga kini pihak kepolisian masih menyelidiki terkait identitas si pria. Secara tiba-tiba, dalam video, Al Quran yang tadinya ada di tangan pria tersebut ditaruh di lantai. Setelah itu ia langsung mendudukinya. Pelajar dan orang-orang yang berada di masjid sudah memperingatkan pria tersebut agar tidak melakukan hal itu. Namun larangan tersebut tidak diindahkannya.

Polisi berhasil mengamankan pria itu pada Rabu malam sekitar pukul 23.00 WIB di Jalan Harun Kabir, Kota Sukabumi.

“Kita amankan malam tadi sekitar pukul 23.00 WIB, ketika kita amankan pelaku juga berbicara ngelantur. Karena kita khawatir isunya menjadi berkembang kemana-mana kita amankan dulu lah, anggota kita minta melakukan penyelidikan,” papar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro kepada tim pers, Kamis (17/01/2019). Demikian sebagaimana dikutip dari reportase Detik.com.

Dari hasil penyelidikan, pria ini menuturkan bahwa namanya adalah Ma Abud. Kendati begitu, polisi masih mendalami identitas pria ini. Pasalnya, pria ini selalu menjawab pertanyaan polisi dengan tidak sinkron.

Baca juga: Inikah Sebabnya Belalang dan Jangkrik ‘Menyerbu’ Mekah?

Menurut Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, kasus ini masih didalami hingga saat ini, terutama yang menyangkut dengan identitas pria itu.

“Identitasnya belum kami dapat. KTP juga tidak dibawa,” beber Susatyo, Kamis (17/01/2019).

Akan Diperiksa Kondisi Mentalnya

Selain itu, polisi juga mengaku akan berkoordinasi dengan dokter spesialis kejiwaan dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi untuk mengecek kondisi mental pria tersebut.

“Kita akan koordinasi dengan Dinsos, dengan medis juga kita memastikan kondisi mentalnya,” imbuh Susatyo.

Guna mendapatkan identitas pria terkait, polisi juga akan berkoordinasi dengan beberapa pihak. Salah satunya termasuk Kepala Desa (Kades). Harapannya, siapa tahu ada laporan dari keluarga tertentu yang tengah kehilangan anggota keluarganya. Barangkali juga ada mengenal pria tersebut.

“Kami masih mencoba mendalami [identitasnya]. Nanti kami akan berkoordinasi dengan para kepala desa dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” tukas AKBP Susatyo Purnomo Condro.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Sukabumi Kota AKP Budi Nuryanto menyebut saat ini Abud diperiksa di Unit III Reskrim.

“Anggota masih periksa, obrolannya masih belum nyambung. Tapi pengakuan dia bernama Abud, warga Padaraang Cisaat, saat kita periksa dia tidak memiliki kartu identitas,” kata Budi.

“Dia hanya membawa plastik berisi tiga buah Alquran,” lanjutnya kemudian.

Kesaksian Pelajar yang Merekam

Lebih lanjut, Aira yang merupakan pelajar perekam aksi Ma Abud mengaku merekamnya saat di Masjid Agung. Saat itu, Aira bertanya soal posisi tong sampah, namun malah dibalas dengan perkataan Abud yang mempertanyakan soal siapa yang membuat langit.

“Dia malah bertanya siapa coba yang membuat langit ini, karena jawabannya yang aneh akhirnya saya rekam video,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain itu Abud juga mengaku sebagai tuhan yang ada di dunia “Saya adalah tuhan dunia,” ucap Aira menirukan Abud. Setelah mengucapkan kalimat itu, Ma Abud lantas menduduki Al Quran.

“Saya sempat larang tapi dia tetap bersikeras menduduki Al Quran, ada juga bapak-bapak yang melihat itu langsung melarang tapi si bapak yang dudukin Al Quran malah bentak. Dia bilang enggak apa-apa ini urusan saya,” urai Aira bercerita.

Berikut videonya sebagaimana dilansir dari channel YouTube, Getaran Qalbu.