Polisi Tetapkan Vanessa Angel Sebagai Tersangka, Ternyata Ini Bukti Kuatnya


SURATKABAR.ID – Hari ini, Rabu (16/01/2019), artis Vanessa Angel akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dari kasus prostitusi online. Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermansyah yang langsung menyampaikan penetapan Vanessa Angel sebagai tersangka, setelah sebelumnya ia hanya berstatus sebagai saksi. Kapolda Jatim lantas menjelaskan, penetapan Vanessa Angel jadi tersangka sudah sesuai prosedur kajian dari penyidikan serta gelar perkara.

Dilansir dari laporan GRID.ID, Rabu (16/01/2019), hasil penyidikan tersebut juga mempertimbangan saat wajib lapor dan pemeriksaan tambahan terhadap Vanessa Angel pada Senin (14/01/2019).

Artis VA (Vanessa Angel) mulai hari ini kami tetapkan sebagai tersangka kasus prostitusi online,” ujar Irjen Pol Luki Hermansyah.

Polisi juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melibatkan sejumlah ahli saat melakukan gelar perkara prostitusi artis ini. Polisi melibatkan ahli hukum pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli dari Kementerian Agama yakni MUI.

“Dari beberapa barang bukti yang sangat mengaitkan dalam transaksi komunikasi ini menguatkan artis VA kami tetapkan sebagai tersangka,” bebernya.

Baca juga: Daftar Nama Artis& Model yang Diduga Terlibat Prostitusi Selain FG yang Dipecat dari Puteri Indonesia

Irjen Pol Luki Hermansyah juga menambahkan, pihaknya akan mempersiapkan surat pemanggilan Vanessa Angel sebagai tersangka.

“Nanti Senin pekan akan dilayangkan surat panggilan tersangka untuk hadir di Polda Jatim,” pungkasnya.

Pembelaan Vanessa

Lebih jauh, menukil Wow.TribunNews.com, Vanessa Angel dan kuasa hukumnya melakukan pembelaan. Artis FTV tersebut merasa dirinya hanya korban. Namun ia tak habis pikir kenapa bisa ditetapkan sebagai tersangka. Ia juga menegaskan dirinya merasa sangat tertekan akibat kasus yang menjeratnya ini.

“Keadaanku sekarang tertekan, bahkan aku gak tahu ngelanjutin hidup aku ke depannya kayak gimana,” beber Vanessa dalam konferensi pers di kawasan Apartement Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/01/2019), melansir Youtube Official iNews.

Aku di sini sebagai korban dan gak tahu harus minta tolong sama siapa,” lanjut Echa, demikian panggilan akrabnya.

Vanessa menuturkan cobaan yang dialaminya begitu berat dan bahkan membuatnya menjadi trauma.

“Bahkan untuk ketemu orang aja aku takut, trauma, sedih, semuanya campur aduk. Cobaannya begitu berat,” beber Vanessa sembari menangis.

Namun ia juga mengaku dirinya masih merasa beruntung karena orang-orang terdekatnya masih memberinya support atau dukungan.

“Untungnya masih ada orang-orang terdekat yang mau berdiri di samping aku, temen-temen, sahabatku dan pacar yang support aku,” imbuh Echa kemudian.

Vanessa yang kini tak bisa berbuat apa-apa pasca ditetapkan sebagai tersangka, merasa pasrah atas situasi sulit yang menimpanya.

“Tapi di luar itu aku hanya bisa pasrah, aku serahkan ke tim kuasa hukum,” ujarnya.

Ia sudah tak bisa berkata-kata lagi sewaktu dibombardir pertanyaan dari awak pers.

Diungkapkan oleh artis 27 tahun ini, pembelaan apapun yang dikatakannya tak akan mengubah situasi.

“Di sini aku mau ngomong benar atau salah pun akan tetap sama aja, gak akan merubah situasi apapun. Saya udah pasrah,” tukas Vanessa.

Adapun Milano Lubis selaku kuasa hukum Vanessa merasa Polda Jatim menetapkan status tersangka tanpa dasar hukum yang jelas. Apalagi Vanessa baru menjalani dua kali pemeriksaan dan saat itu belum ada tuduhan.

“Barusan kita dengar ada pemberitaan status hukum TSK (tersangka) terhadap Vanessa, kita juga bingung karena pemeriksaannya belum ada, kita lihat dari pemeriksaan pertama sampai pemeriksaan kedua kemarin, belum ada seperti yang dituduhkan,” urai Milano Lubis.

“Kalau mau dipakai pasalnya itu pasal 27 ayat 1 juncto, pasal 45 ayat 1 atau 216 juncto 516. Pasal yang mau diterapkan ke Vanessa yang mana dari pihak Polda Jawa Timur,” demikian Milano melanjutkan.

Milano juga menjelaskan soal pemanggilan polisi saat Vanessa berstatus saksi sebelumnya.

“Jadi kemarin Vanessa diperiksa statusnya sebagai saksi, kemarin itu pemeriksaannya masih terkait dengan chat karena berupa pemeriksaan tambahan dari BAP yang pertama dan kemarin BAP ke-2 tambahan isinya mengklarifikasi chat antara Vanessa dengan saudara Siskanya, sebatas itu,” ungkap kuasa hukum Vanessa menjabarkan.

“Kemudian berlanjut ke pemeriksaan masalah transfer, itu belum selesai, penyidik baru menanyakan 3 transferan, tapi keburu Vanessa drop sakit, ditunda lagi pemeriksaannya sampai keadaannya pulih, hanya sebatas itu,” ucap Milano menjelaskan.

Kirim Foto dan Video Syur ke Mucikari

Vanessa Angel telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jatim, atas kasus prostitusi online yang menyeret namanya. Bukti-bukti yang diperoleh dari hasil penyidikan dan gelar perkara membuktikan Vanessa terlibat aktif dalam kasus prostitusi online ini. Luki menyebutkan bahwa VA mengirimkin foto syur kepada mucikari.

“Hasil gelar perkara artis VA terlibat berhubungan [intim] dan mengirimkan foto dirinya kepada mucikari,” ujarnya.

Luki memaparkan bukti-bukti yang memberatkan Vanessa Angel sehingga ditetapkan tersangka. Penyidik telah mengantongi beberapa barang bukti yakni foto dan video intim Vanessa. Hal inilah yang menguatkan keterlibatan Vanessa Angel dalam kejahatan prostitusi artis ini.

Luki juga menegaskan Vanessa terbukti terlibat langsung transaksi prostitusi bersama enam mucikari lainnya.

“Ada komunikasinya bahkan pengiriman foto [dan video] pribadinya juga di-share kepada beberapa tersangka mucikari yang sudah kita ditangkap,” tukas Luki.

Selain itu, dari keterangan tersangka mucikari maupun Vanessa Angel, serta didukung data digital forensic yang ada juga telah mengubah statusnya dari saksi menjadi tersangka.

Karena perbuatannya ini, yang bersangkutan dalam kasus ini diduga melanggar pasal undang-undang ITE nomor 27 ayat 1 hukuman pidana maksimal 6 tahun.

Simak videonya sebagai berikut sebagaimana dilansir dari reportase iNews.ID via YouTube.