Biadab! Tikam Wali Kota Berulang Kali di Depan Ratusan Orang, Pelaku Sempat Ucapkan Ini


SURATKABAR.ID – Seorang wali kota di Polandia harus berjuang melawan kematian usai ditikam seorang pria tak dikenal di atas panggung ketika acara penggalangan dana berlangsung. Wali Kota Gdansk Pawel Adamowicz mendapatkan luka tusukan di bagian perut akibat insiden tersebut.

Diwartakan Detik.com pada Senin (14/1/2019), serangan biadab tersebut terjadi saat acara amal penggalangan dana ‘Lights to Heaven’ yang diselenggarakan oleh Great Orchestra of Christmas Charity, sebuah organisasi amal paling oenting di Polandia, Minggu (13/1) waktu setempat.

Menurut laporan TVN, pelaku tiba-tiba naik ke atas panggung yang dipenuhi orang-orang, termasuk Adamowicz. Usai melancarkan aksinya, pria tersebut kemudian berteriak-teriak dan mengaku dirinya pernah mendekam di balik jeruji besi di masa pemerintahan sebelumnya yang dipimpin Civic Platform.

Pria tersebut dengan langang mengatakan hukuman berupa kurungan penjara tersebut tetap dijatuhkan kepada dirinya meski ia tak bersalah. Untuk diketahui, Civic Platform merupakan partai yang dulunya menaungi Adamowicz.

“Hello! Hello! Nama saya Stefan. Saya tak bersalah tapi dipenjara. Civic Platform menyiksa saya,” seru pria tersebut setelah merebut mikrofon di atas panggung, seperti yang dilansir dari media Telegraph, Senin (14/1).

Baca Juga: Pelaku Penikaman Hingga Tewas Andriana Noven Disebut Telah Tertangkap, Fakta Sebenarnya Bikin Meradang

Sang pelaku langsung diamankan di lokasi kejadian usai aksinya. Hingga berita diturunkan, kepolisian belum merilis identitas lengkap pria tersebut. Namun disebutkan bahwa ia adalah pria berumur 27 tahun dengan catatan kejahatan dan disebutkan ia pernah melakukan sejumlah perampokan bank.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana pelaku bisa menaiki panggung. Menjawab hal itu, juru bicara kepolisian Mariusz Ciarka buka suara. Ia mengungkapkan bahwa pelaku mendapatkan akses untuk naik ke atas panggung dengan menggunakan tanda pengenal media.

Adamowicz, sebelum dilarikan ke rumah sakit sempat mendapatkan resusitasi di lokasi kejadian. Para dokter hari ini menjelaskan bahwa sang wali kota telah menjalani operasi, namun ia masih dalam kondisi yang “Sangat, sangat kritis”.

Tomasz Stefaniak, ahli bedah yang menangani Adamowicz di rumah sakit Universitas Gdansk mengatakan bahwa sang wali kota mengalami luka yang sangat serius pada bagian jantung. Selain itu, ia juga mendapatkan sejumlah luka sayatan di diafragma dan organ perut.

“Beberapa jam ke depan akan menentukan,” jelas Tomasz.

Pawel Adamowicz merupakan wali kota untuk Kota Gdansk yang menjabat selama dua dekade. Ketika aksi penusukan terjadi, ia tengah berada di acara amal. Acara tersebut diketahui merupakan bagian dari upaya nasional dalam menggalang dana yang akan digunakan untuk membeli peralatan medis.