Gatot Protes Fotonya Dicatut di Baliho Prabowo-Sandiaga, BPN Buka Suara


SURATKABAR.ID – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akhirnya buka suara terkait pencatutan foto mantan Panglim TNI Gatot nurmantyo dalam baliho yang dipasang di Posko Pemenangan Solo. BPN meminta maaf atas insiden yang terjadi.

Anggota BPN Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean, seperti yang dilansir dari laman CNNIndonesia.com pada Minggu (13/1/2019), menyebutkan bahwa baliho tersebut dipasang oleh relawan di Solo.

“Kami juga meminta maaf kepada Jenderal Gatot atas tindakan kawan-kawan dan sahabat kami di lapangan yang memang mereka tidak menyadari dan menduga bahwa itu menimbulkan protes,” ujar Ferdinand ketika dihubungi, Minggu (13/1).

Lebih lanjut, Ferdinand menyampaikan alasan relawan di Solo memakai foto Gatot tanpa terlebih dahulu meminta izin, lantaran ia merasa yakin mantan Panglima TNI tersebut berdiri di satu garis perjuangan meski tak bergabung dengan kubunya.

Politisi yang juga Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat tersebut dengan tegas mengungkapkan bahwa BPN telah menjalankan permintaan Gatot untuk menurunkan baliho yang dimaksud.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Tegas Minta Fotonya Diturunkan dari Baliho Prabowo-Sandiaga

“Kami hormati sikap Pak Gatot, kami sudah perintahkan untuk menurunkan foto Pak Gatot dari seluruh (baliho yang terpasang), kalau masih ada yang lain,” jelas Ferdinand kemudian.

Selain itu, ia menyebut sebenarnya BPN sudah melancarkan pendekatan kepada Gatot untuk bergabung. Pasalnya, Gatot dianggap memiliki basis massa serta pemikiran yang sama dengan pasangan calon nomor urut 02.

“Sebelumnya sudah ada komunikasi yang dilakukan beberapa elite BPN. Ya, tapi beliau (Gatot) merasa belum waktunya mengambil posisi di 01 atau 02. Kami hargai,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, dihimpun dari laman Detik.com pada Minggu (13/1/2019), mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo melayangkan protes keras, lantaran fotonya dipasang tanpa izin dalam sebuah baliho pasangan calon nomor urut 02 di Posko Pemenangan Solo, Jawa Tengah.

Gatot mengaku tak tahu-menahu bagaimana fotonya bisa terpajang di baliho Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ia menegaskan tak pernah mendapat kabar bahwa fotonya akan dipasang dalam baliho untuk kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Mengenai berita seperti tersebut di atas da nada foto saya pada baliho Posko BPN Prabowo-Sandi di Solo, saya nyatakan bahwa saya tidak tahu-menahu. Tidak pernah dimintai persetujuan atau diberi pemberitahuan, baik secara lisan maupun verbal. Untuk itu, Saya mohon agar foto saya diturunkan dari baliho tersebut secepatnya,” tegas Gatot melalui akun Instagram miliknya, @nurmantyo_gatot, pada Minggu (13/1).

Terlihat dalam foto di baliho tersebut, Gatot berpakaian dinas Panglima TNI lengkap dengan topi loreng. Tertulis juga ucapan selamat atas pendirian posko pemenangan pasangan calon nomor urut 02 tersebut, “Selamat dan sukses, Peresmian Kantor Pusat BPN Prabowo-Sandi.”