Wow! Berkumpul Pagi Buta, Lebih dari 1.000 Pemuda Muslim Lakukan Hal Mengejutkan Ini Usai Tahun Baru


SURATKABAR.ID – Lebih dari 1.000 pemuda dan pemudi Muslim bersama-sama membersihkan sampah sisa perayaan malam tahun baru yang berserakan di jalan-jalan kota Inggris. Mereka adalah anggota Ahmadiyya Muslim Youth Association (AMYA).

Seperti dilansir Tempo.co dari Mirror.co.uk pada Rabu (2/1/2019), menyisir jalanan di 50 kota di Inggris dan mengumpulkan sampah. Hal itu mereka lakukan ketika warga setempat pulang dalam kondisi mabuk setelah minum terlalu banyak alkohol saat berpesta merayakan pergantian tahun.

Pemuda dan pemudi Muslim anggota AMYA tersebut diberitakan bangun jauh sebelum matahari terbit. Setelah melaksanakan salat subuh, mereka kemudian mengumpulkan sampah di seluruh dataran Inggris begitu matahari terbit.

Berbalut rompi kuning, para pemuda dan pemudi tersebut menyisir jalanan tanpa takut udara dingin yang masih menyelimuti Inggris. Hal tersebut seperti yang disebutkan oleh perwakilan Ahmadiyya Inggris, Imam Qamar Zafar.

Baca Juga: Lebih dari Dua Dekade Tak Terpecahkan, Sebuah Kasus Misterius Akhirnya Selesai Berkat Kaleng Soda di Tong Sampah

“Dari Luton sampai London, Glasgow ke Gulford, Cardiff ke Croydon. Di seluruh negeri 1.000 anggota AMYA berpartisipasi untuk bersih-bersih tahun baru,” jelasnya. “Islam mengajarkan setiap Muslim untuk ambil bagian dalam kegiatan sosial, layanan masyarakat, dan mempromosikan kebersihan.”

Lebih lanjut, Imam Qamar Zafar menambahkan bahwa AMYA akan terus menggelar kegiatan yang membuat generasi muda sadar akan tanggung jawab terhadap masyarakat dan bersama-sama menciptakan keharmonisan antarwarga.

Selama tahun 2018, AMYA yang merupakan komunitas pemuda Muslim paling tua dan besar di Inggris ini berhasil mengumpulkan sebanyak 20 ribu kantong sampah di seluruh Inggris. Mereka setidaknya telah menjalankan hingga 300 kegiatan bersih-bersih.

Koordinator AMYA Yorkshire, Nadeem Ahmed mengatakan, sudah cukup lama kelompoknya membersihkan sampah sisa-sisa perayaan tahun baru. Hingga saat ini semakin banyak anggota yang ikut ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial membersihkan jalanan dan sudut Inggris.