Jangan Sampai Terlambat! Sering Migrain Hingga Insomnia, Bisa Jadi Gejala Tubuh Kekurangan Asupan Ini


SURATKABAR.ID – Tak hanya protein, karbohidrat, dan lemak, tubuh juga sangat membutuhkan fungsi mineral. Seperti kalsium, kalium, sodium, dan magnesium. Magnesium sendiri memegang peran penting untuk kesehatan tulang, saraf, dan otot tubuh.

Jika tubuh kekurangan asupan magnesium bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Seperti yang dilansir Tribunnews.com dari Brightide.me pada Senin (17/12/2018), berikut ini tanda bahwa tubuh Anda kekurangan magnesium. Sebelum terlambat, segera kenali tanda-tandanya!

Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Apabila tubuh kekurangan magnesium, pembuluh darah di otak akan menyempit dan mengembang dengan cepat. Hal tersebut merupakan penyebab migraine dan sakit kepala parah. Asupan magnesium yang cuku[ dapat mengurangi risiko perubahan dalam pembuluh darah dan mengatasi sakit kepala.

Ngidam Makanan Manis

Tak banyak yang tahu keinginan atau ngidam makan makanan manis ternyata berkaitan erat dengan kekurangan magnesium. Terutama bagi wanita menjelang menstruasi. Sementara pada atlet, ngidam ini biasa timbul karena tubuh menghabiskan magnesium ketika otot bekerja secara intensif.

Insomnia atau Sulit Tidur

Dampak kekurangan asupan magnesium selanjutnya juga bisa menyebabkan insomnia. Magnesium merupakan asupan penting yang dapat membantu otak rileks. Ketika ‘relaksasi otak’ tak berfungsi, bisa mengakibatkan kram otot hingga sindrom kaki gelisah. Hasilnya, menurunkan kualitas tidur Anda.

Baca Juga: Kerap Kesulitan Tidur Saat Ada Orang di Sebelah? Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Penjelasannya

Stres dan Apatis

Magnesium merupakan elemen penting untuk membangun sistem saraf yang kuat. Elemen ini berperan untuk relaksasi. Jika tubuh kekurangan magnesium, kita akan merasa cemas dan stres berlebih tanpa sebab. Kekurangan magnesium juga bisa meningkatkan risiko depresi.

Nyeri Otot dan Kram

Jangan sepelekan nyeri otot dan kram yang datang terus-menerus. Pasalnya, ini bisa jadi gejala bahwa tubuh sedang membutuhkan magnesium. Asupan magnesium, Vitamin D, E, dan B yang cukup dapat mencegah kram otot. Pastikan Anda mendapatkan dosis yang sesuai.

Kesehatan Tulang Menurun

Risiko yang akan Anda rasakan ketika tubuh kekurangan asupan magnesium adalah meningkatnya masalah tulang. Kondisi tersebut dapat mengurangi tingkat kalsium dalam darah. Padahal, seperti yang diketahui, kalsium sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Energi Menurun hingga Kelelahan

Magnesium dibutuhkan tubuh untuk reaksi yang kemudian menciptakan energi dalam sel. Jadi, tanpa asupan magnesium, tubuh tak akan memiliki cukup energi yang kemudian dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya imobilitas.

Untuk menghindari semua gejala di atas, sangat disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan magnesium. Misalnya, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah-buahan segar, sayuran hijau, dan ikan.