Tertipu Kosmetik Ilegal, Via Vallen Jadi Kapok Terima Endorse


SURATKABAR.ID – Pihak berwenang masih menyelidiki kasus peredaran produk kosmetik oplosan yang ilegal Jawa Timur. Kasus ini menggegerkan publik lantaran beberapa nama selebritas tanah air ikut terbawa-bawa, salah satunya adalah Via Vallen. Baru-baru ini, pelantun lagu “Sayang” itu diperiksa polisi terkait peredaran produk kosmetik oplosan yang mengandung mercury tersebut. Ia pun jadi merasa tak nyaman  jika ke depannya berhubungan dengan endorsement lagi.

Dilansir dari laporan Tempo.co, Rabu (02/01/2019), Via dan artis lainnya seperti Nia Ramadhani dan Nella Kharisma diperiksa lantaran pernah mempromosikan produk itu di akun media sosial pribadinya. Gara-gara itu, Via yang berasal Sidoarjo, Jawa Timur itu pun mengaku kapok. Bahkan Via Vallen berhenti menerima endorse sejak hampir satu tahun belakangan ini.

“Jadi emang udah lebih hampir setahun ini Via benar-benar nggak ambil endorse. Jadi sebenarnya, sebelum memutuskan untuk nggak ambil endorse Via udah memilih-milih ambil endorse, terutama kosmetik,” papar Via Vallen di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ia pun menuturkan, saat menerima endorsement, setiap caption yang ditulisnya diberikan oleh klien. Namun, Via selalu mengubah dan tak mau mewakili dirinya sendiri.

“Di situ memang sama ownernya, kita dikasih caption. Seolah-olah saya yang pakai. Saya nggak mau, saya selalu pakai orang-orang. Jadi setiap kali saya dikasih caption, misalnya bilang ‘aku tambah putih lho gara-gara pakai produk ini’, saya selalu ganti ‘kata orang-orang’,” bebernya kemudian.

Baca juga: Via Vallen& Nia Ramadhani Akan Segera Diperiksa Soal Kosmetik Bermercury

Diperiksa Sebagai Saksi

Beberapa waktu lalu, Via Vallen menjalani pemeriksaan terkait kasus kosmetik ilegal di Mapolda Jawa Timur. Ia pun menegaskan bahwa kedatangannya hanya sebagai saksi bukan tersangka.

“Jadi kemarin itu statusnya memang cuma saksi. Tapi banyak masyarakat di luar sana salah paham. Dikira Via tersangkalah, apalah. Padahal Via cuma dimintai keterangan aja,” tukas Via Vallen ditemui di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan penyidik, Via Vallen ditanya sejauh mana keterlibatannya terhadap peredaran kosmetik oplosan.

Kepada penyidik, Via Vallen mengakui pernah memakai kosmetik abal-abal yang telah mengendorsenya. Ia juga mengklaim merasa tertipu lantaran tak tahu jika kosmetik yang dipakainya ternyata palsu.

“Benar nggak kamu pernah diendorse kosmetik ini? Cuma itu aja. Ya emang benar cuma sekali, dan Via juga sempat pakai kosmetik itu karena memang Via nggak tahu itu kosmetiknya belum terdaftar,” pungkasnya mengisahkan.