Resolusi Diet Selalu Kandas? Coba Dulu Trik Anti Gagal Berikut Ini, Dijamin Berat Badan Ideal Jadi Milik Anda


SURATKABAR.ID – Tahun demi tahun berganti dan resolusi diet selalu saja gagal? Diet memang bukan hal yang mudah dilakukan. Meski kita sudah berkomitmen menjaga asupan makanan dan rajin olahraga, namun hasilnya tetap tak sesuai rencana.

Faktanya, seperti dilansir dari laman Detik.com pada Selasa (1/1/2019), ada beberapa poin penting yang wajib diperhatikan demi berhasilnya program diet. Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, niat yang kuat menjadi dasar keberhasilan diet seseorang.

“Kita harus punya niat yang kuat dahulu agar diet berhasil. Mau fitting baju pernikahan atau mau kelihatan kurus saat wisuda, atau terhindar dari penyakit berbahaya yang juga diderita orangtua, seperti penyakit jantung, stroke, dan gula,” tutur dr. Muliaman belum lama ini.

Jika sudah menentukan diet, lakukan tata cara diet sesuai dengan kondisi tubuh. Pasalnya, tata cara diet setiap orang bisa berbeda. Seperti misalnya, untuk orang yang terkena diabetes mellitus. Mereka harus mengkonsumsi asupan tertentu agar gula darah tetap terkendali.

Baca Juga: Dahsyatnya Diet Militer, 10 Kilogram Bisa Turun Hanya 3 Hari! Tertarik Coba?

“Tatalaksana diet menyumbang keberhasilan diet sebesar 80 persen. Inilah yang akan menentukan berat badan stabil atau turun dalam menjaga atau menurunkan berat badan. Sedangkan 20 persennya adalah olahraga,” jelas dr. Muliaman lebih lanjut.

Dr. Muliaman juga menjelaskan, diet yang paling benar adalah dengan cara membatasi asupan kalori harian. “Biasanya kalori yang dianjurkan sekitar 1.200-1.300 kcal/hari. Namun ingat, tanpa harus puasa makan terutama buat yang punya riwayat gastritis/ulkus peptikum karena akan berbahaya.”

Ia mengungkapkan, cara yang paling mudah menghitung asupan kalori adalah dengan meal replacement. Menurutnya, meal replacement yang dianjurkan adalah 200-400 kcal/hari, tinggi protein, rendah lemak, rendah karbohidrat, namun tinggi serat, dan tinggi kalsium.

Sangat disarankan untuk memilih meal replacement yang di dalamnya mengandung nutrisi lengkap serta memberikan rasa kenyang lebih lama. “Untuk lebih mudah menghitung pengurangan kalori biasanya digunakan meal replacement, yaitu nutrisi pengganti makanan,” pungkasnya kemudian.