Demi Jegal Jokowi, Ini Kejutan yang Dipersiapkan SBY untuk Prabowo-Sandiaga


SURATKABAR.ID – Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menjadi mentor bagi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam menghadapi debat perdana pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis (17/1) mendatang.

Terkait hal tersebut, seperti dilansir dari laman JPNN.Com pada Selasa (1/1/2019), Ketua Divisi Advokasi Hukum PD Ferdinand Hutahaean buka suara. Ia mengungkapkan bakal ada kejutan besar-besaran dari SBY bagi duet politisi Partai Gerindra tersebut.

“Kami akan menyiapkan banyak kejutan. Bukan hanya satu, dua kejutan. Banyak sekali kejutan yang kami siapkan,” ungkap Ferdinand Hutahaean, seperti yang dikutip JPNN.com dari JawaPos.com pada Selasa (1/1).

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga tersebut menambahkan, kejutan yang dimaksud mencakup materi debat. Ia mengatakan, duet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memiliki banyak kelemahan. Pasalnya, sebagai petahana mereka cukup banyak berjanji tanpa ditepati.

Baca Juga: Tanggapi Cuitan Sujiwo Tejo, Begini Beda Respons Kubu Jokowi dan Prabowo

Oleh karena itu, Ferdinand berani menjamin, kejutan dari Presiden RI ke-6 tersebut bakal menyebabkan duet Jokowi-Ma’ruf sangat kelimpungan. “Nanti kami akan buat pasangan Jokowi-Ma’ruf sibuk menjawab dirinya dan pertanyaannya menjawab janjinya,” imbuh Ferdinand.

Lebih lanjut, Ferdinand menyebut Jokowi semakin tak leluasa lantaran dibatasi janji-janji kampanyenya dahulu. “Ruang gerak capres 01 ini kan sudah nggak banyak, yah. Mengingat 2014 lalu saja janjinya masih banyak belum terpenuhi, jadi ruang gerak untuk janjinya sekarang tidak banyak,” tuturnya.

Ia juga mengaku sudah memiliki prediksi soal apa saja hal-hal yang bakalan dijual oleh kubu petahana dalam debat capres mendatang. “Kami sudah menginventarisasi, sudah mengerti betul,” pungkas politisi yang dahulu mati-matian mendukung Jokowi.

Panelis Debat Perdana Pilpres 2019

Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman mengatakan semua panelis untuk debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Kamis (17/1) mendatang sudah dihubungi dan menyatakan dirinya siap.

Nama-nama panelis, dilansir dari JPNN.com pada Senin (31/12/2018), sudah diputuskan melalui rapat internal KPU yang didasari pertimbangan matang. KPU menetapkan delaman nama panelis debat perdana Pilpres 2019.

Tujuh di antaranya adalah Hikmahanto Juwara, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, Adnan Topan Husodo, Bambang Widjojanto, dan Margarito Kamis. Hanya KPK saja yang belum menyerahkan nama yang bersedia menjadi panelis.

Mantan komisioner KPU Jatim tersebut menjelaskan bahwa tugas panelis hanya membuat daftar pertanyaan. Nantinya pertanyaan-pertanyaan tersebut akan disampaikan kepada para pasangan calon sebelum pelaksanaan debat.

Debat perdana Pilpres 2019 akan dipandu oleh dua orang moderator yang sudah ditunjuk. Moderator tersebutlah yang akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing pasangan calon. “Baru debat pertama yang sudah kami tetapkan moderatornya. Debat selanjutnya akan kami bahas lagi,” tandasnya.