Viral Pernikahan Pakai Mas Kawin Sandal Jepit Swallow! Lihat Videonya


SURATKABAR.ID – Masyarakat baru saja dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang tak biasa. Pasalnya, dalam foto dan video yang beredar itu, diketahui seorang mempelai pria menikahi wanitanya dengan bermaharkan mas kawin sandal jepit Swallow. Padahal, pernikahan dipandang sebagai ibadah sakral yang mempersatukan dua insan dalam cinta.

Setiap prosesi akad nikah mahar atau mas kawin menjadi salah satu rukun yang wajib dipenuhi. Jika lazimnya mas kawin berupa seperangkat alat salat atau perhiasan maupun uang tunai, lain halnya yang digunakan sepasang pengantin di Kebumen, Jawa Tengah ini.

Menukil laman Wow.TribunNews.com, Senin (31/12/2018), kedua mempelai yakni Budi Risdiyanto dan Julia Warasita memilih sepasang sandal jepit merk Swallow untuk dijadikan mas kawin saat mengucap ijab kabul di depan penghulu.

Tak ayal, pernikahan ini langsung viral di media sosial setelah pemilik akun Nabilla Safira Yuriztya membagikannya di grup Facebook Berita Kebumen pada Minggu (30/12/2018) malam.

Disebutkan bahwa pernikahan itu berlangsung pada Sabtu (29/12/2018) pukul 07.30 WIB di rumah kediaman mempelai wanita di Desa Sumberadi, Kecamatan Somalangu, Kebumen, Jawa Tengah.

Baca juga: Soal Baliho ‘Jesus is Moslem’ di Cilacap, Menag Tanggapi Begini

Pemilik akun Yuni Rusmini lantas membagikan video detik-detik saat Budi mengucapkan ijab kabul di hadapan penghulu. Mengenakan stelan jas dan peci hitam dengan mantap Budi mengucapkan ijab dengan lancar dan diikuti teriakan “sah” dari tamu yang hadir.

“Saya terima nikahnya Julia Warasita dengan mas kawin sepasang sandal dibayar tunai,” tutur Budi.

Sejak pertama kali dibagikan, video ini sudah ditonton lebih dari 6.000 kali dan dibanjiri komentar netizen. Kebanyakan dari mereka memuji kesederhanaan sepasang pengantin ini. Pasca-prosesi akad nikah, kedua mempelai kemudian memamerkan mahar sandal jepit merk Swallow tersebut kepada para tamu yang hadir.

Pada foto yang diunggah terlihat sandal jepit itu berwarna kuning beralas putih dengan dibingkai dalam pigura kaca bingkai warna emas. Dalam pigura berlatar hitam itu tertulis pula nama mereka yakni “Budi Julia”.

Filosofi di Baliknya

Posted by Yuni Rusmini on Sunday, December 30, 2018

Tak sedikit netizen yang menyangsikan bentuk dan jenis mahar tersebut. Tak sedikit pula yang menyampaikan perasaan salutnya karena sepasang pengantin menyepakati maskawin yang tak biasa itu.

Ada pula netizen yang menduga sandal jepit Swallow itu bukan sandal biasa melainkan terbuat dari emas. Namun hal itu langsung dibantah oleh sang pengunggah. Ia menyatakan bahwa mahar itu memang sandal jepit sebagaimana yang tertulis di buku.

Masih banyak perasaan heran yang disampaikan sejumlah netizen mengomentari unggahan ini. Beberapa memperkirakan pemilihan sandal jepit disebabkan ada cerita berkesan di baliknya. Bisa jadi sebagai awal dari pertemuan pertama kedua mempelai.

Melansir Jateng.TribunNews.com, buru-buru akun Zahiraa Garden menjelaskan bahwa sandal dipilih sebagai filosofi selalu berjalan beriringan, bersama-sama ke mana-mana. Namun, masih belum terjelaskan mengapa sandal jepit Swallow, bukan lainnya seperti sandal kulit atau bakiak.

Sebagaimana yang terlihat dalam foto yang diunggah, sandal jepit dengan warna jepit kuning dan alas putih ini dibingkai dalam pigura kaca. Tertulis pula “Budi Julia” dalam pigura tersebut, demikian menukil OkeZone.com.

Dalam sirah nabawiyah atau sejarah Rasulullah Muhammad, diketahui ada pernikahan yang memang bermaharkan sepasang sandal. Mahar ini diterima seorang mempelai perempuan dari Bani Fazarah.

Dikisahkan dalam hadits, Rasulullah sendiri yang bertanya kepada perempuan tersebut apakah dia ridho atas maskawin dari calon suaminya tersebut. Mempelai itu menjawabnya bahwa dia ridho sehingga Rasulullah pun membolehkannya.

Selamat bagi kedua mempelai, berkah berbahagia selalu till Jannah!

Posted by Yuni Rusmini on Sunday, December 30, 2018