Sekda Pemkab Serang Minta Maaf, ASN Rumah Sakit Serang Patungan Kembalikan Uang Pungli


SURATKABAR.ID – Pemda Serang akan mengembalikan uang ke korban tsunami Selat Sunda yang kena pungli di RSUD dr Dradjat Prawiranegara (RSDP). Uang akan dikembalikan dari iuran pegawai RSDP dan PNS di Pemkab.

“Uang akan kita kembalikan ke korban. Dari mana uangnya? Bisa dari pribadi-pribadi, kalau uang kemarin kan jadi barang bukti. Ini kita akan iuran dari pribadi kita, ASN (aparatur sipil negara) di rumah sakit untuk segera mengembalikan itu karena tidak semestinya mereka ditarik biaya,” kata Sekda Pemkab Serang, Entus Mahmud, Serang, Banten, Senin (31/12/28) dikutip dari detikcom.

Entus mengatakan belum ada lagi keluarga korban tsunami yang mengaku dipungut oleh pegawai RSDP. Sementara baru 2 keluarga yaitu korban dari Sumatera Utara dan keluarga Aa Jimmy. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas pungli tersebut.

“Kami yang jelas menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan peristiwa ini. Ini menjadi catatan yang harus kami tindaklanjuti barangkali supaya tidak terjadi lagi,” paparnya.

Baca Juga: Ironis, Keluarga Korban Tsunami Selat Sunda Mengaku Jadi Korban Pungli Saat Ambil Jenazah

Kepolisian Polda Banten sudah menetapkan 3 tersangka kasus pungli jutaan rupiah ke korban tsunami. Tersangka inisial F yang merupakan ASN di RSDP dan dua orang dari pihak CV yang bekerja sama dengan RSDP yaitu inisial I dan B.

Penahanan dilakukan setelah polisi memeriksa secara intensif ketiga tersangka. Dalam proses penyidikan, polisi menemukan dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan tiga orang tersebut sebagai tersangka yang di dalamnya ada seorang ASN sebagai pelaku pungli.

“Kita lanjutkan dengan penahanan untuk kepentingan pemeriksaan,” kata Kabag Wassidik Ditreskrimsus Polda Banten AKBP Dadang Herli saat jumpa pers di Mapolda Banten, Sabtu (29/12/18) malam.

Ketiganya disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e UU Tipikor dengan ancaman pidana seumur hidup dan paling sedikit 4 tahun penjara.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJadi Caleg PKB, Ini Rencana Politik Ifan Seventeen Pascatsunami
Berita berikutnyaLepas Hijab, Alasan Nikita Mirzani Jadi Nyinyiran Netizen