Duh! Pekerja Kantoran Ternyata Lebih Berisiko Kena Kanker Prostat


SURATKABAR.IDUmumnya, hampir setiap hari pekerja kantoran menghabiskan lebih kurang 8 jam di tempat duduknya. Mungkin sekilas, pekerjaan seperti itu tampak mudah dan aman dari risiko. Tapi tak banyak yang tahu, ternyata ada penyakit berbahaya yang mengintai Anda dari kebiasaan itu. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, duduk selama lebih dari 8 jam sehari dapat meningkatkan peluang terkena kanker prostat hingga 20 persen.

Mengutip reportase Viva.co.id, Minggu (30/12/2018), para peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia memantau tingkat kanker 38 ribu orang dewasa selama periode 16 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang duduk lama setiap hari mempunyai 20 persen kemungkinan terkena kanker prostat, daripada mereka yang menghabiskan waktu dengan berjalan.

Salah seorang peneliti, dokter Vegar Rangul juga menemukan hubungan antara duduk selama berjam-jam dan kanker paru-paru serta kolorektal. Namun, dia melihat peningkatan terbesar dalam risiko kanker prostat. Itulah sebabnya, ia menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik dalam tahap sedang setiap hari.

“Temuan utama adalah, waktu duduk yang lama secara independen terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat. Sementara, aktivitas fisik ringan hingga tinggi dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, terutama kanker kolorektal dan paru-paru,” bebernya, dilansir dari laman Metro, Minggu (30/12/2018).

Berdasarkan catatan mereka, aktivitas fisik dalam tingkat sedang secara signifikan dapat menurunkan risiko itu. Itulah sebabnya, temuan ini menekankan pentingnya mengurangi waktu duduk. Sebaliknya, tingkatkanlah aktivitas fisik dalam keseharian.

Baca juga: Ini Daftar Makanan yang Super Cepat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kendati begitu, Rangul menyebutkan, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi hubungan sebab dan akibat langsung antara duduk dalam waktu yang lama dengan peningkatan peluang kanker prostat.

“Kami menegaskan kembali, aktivitas fisik sebagai komponen kunci pencegahan kanker di seluruh populasi, dan kami perlu mempertimbangkan rekomendasi tentang pengurangan waktu yang dihabiskan untuk duduk,” ungkapnya.

Makanan Pencegah Prostat

Lebih lanjutnya, ada beberapa makanan yang dapat mencegah kanker prostat. Sebagaimana dikutip dari VietnamNet.VN via TribunNews.com, berikut adalah rinciannya:

  1. Tomat

Likopen yang terkandung di dalam tomat berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker prostat. Likopen dianggap sebagai antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas, yang dapat membunuh sel-sel berbahaya dan patogen.

  1. Kembang Kol

Sayuran cruciferous ini berfungsi mencegah kanker prostat. Kembang kol mengandung lebih sedikit karbohidrat, kaya antioksidan dan bahan kimia tanaman yang membantu mencegah mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Salmon

Salmon disebut kaya akan asam lemak Omega-3, yakni lemak tak jenuh ganda membantu mencegah pertumbuhan kanker prostat.

  1. Buah Berries

Buah beri seperti stroberi mengandung antioksidan tingkat tinggi dan indeks glikemik rendah yang membantu mencegah kanker prostat. Ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk membantu mencegah kanker prostat.

  1. Kopi

Para ahli telah menemukan bahwa minum 2 cangkir kopi sehari dapat mengurangi sel kanker prostat. Kopi mengandung antioksidan dan juga membantu dengan metabolisme gula, yang terlibat dalam mengurangi risiko terkena kanker.