Manfaatkan Chip Khusus di Seragam, Sekolah China Bisa Lacak Kegiatan Siswa


SURATKABAR.ID – Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap bidang pendidikan. Tak hanya soal media pembelajaran, seragam pun kini mulai dibubuhi dengan teknologi.

Sejumlah sekolah di China mulai memberlakukan pemasangan chip komputer pada seragam para siswa untuk memantau pergerakan mereka dan mencegahnya bolos sekolah.

Dilansir dari viva.co.id, Minggu (30/12/2018), sebelas sekolah di provinsi barat daya Guizhou telah menggunakan seragam pintar yang dikembangkan oleh perushaan teknologi lokal, Guizhou Guanyu Technology, tersebut.

Chip pada seragam tersebut berfungsi untuk mencatat waktu dan tanggal siswa memasuki sekolah. Selain itu juga untuk mengaktifkan mode perekam yang videonya bisa diakses orang tua melalui aplikasi seluler.

Baca juga: Dibayar Tunai! Ibu Ini Beli Motor dengan Sekarung Uang Receh Rp 2.000

Bahkan, chip ini juga memiliki kemampuan pengenalan wajah untuk memastikan bahwa seragam digunakan oleh pemiliknya yang sah, sehingga siswa tak bisa menipu sistem.

Sementara itu, jika siswa bolos sekolah, alarm akan berbunyi untuk memberi tahu guru dan orang tua siswa. Alarm juga akan otomatis berbunyi jika siswa tertidur di kelas atau keluar dari sekolah tanpa izin.

Selain fungsi perekaman dan alarm, chip tersebut juga dilengkapi dengan sistem GPS. Hal ini akan mempermudah guru dan orang tua melacak pergerakan siswa, bahkan saat berada di luar halaman sekolah.

Tahan hingga 500 kali pencucian

Pengembang teknologi ini mengklaim bahwa produknya mampu bertahan hingga 500 kali pencucian dan suhu hingga 150 derajat Celcius. Nantinya, ada dua chip yang akan dimasukkan ke bagian bahu seragam.

Perusahaan ini juga mengeluarkan pernyataan publik melalui media sosial populer di China. Mereka mengatakan seragam ini fokus pada “masalah keselamatan” dan menyediakan “metode manajemen cerdas” yang menguntungkan bagi siswa, guru, dan orang tua.

“Anda pergi saja ke sekolah dan tanyakan satpam berapa siswa yang masuk hari ini. Ia pasti tidak bisa memberi Anda jawaban, tapi kami bisa,” ujar Manajer Pemasaran¬†Guanyu Technology menyombongkan kemampuan seragam tersebut.