Ini Daftar Makanan yang Super Cepat Tingkatkan Imunitas Tubuh


SURATKABAR.IDSistem kekebalan tubuh pada manusia berperan sangat penting untuk memerangi penyakit. Jika imunitas kuat, maka tubuh Anda tak akan mudah jatuh sakit. Itulah sebabnya kondisi tubuh setiap orang sangat ditentukan oleh asupan sehari-hari yang ia konsumsi. Orang yang tak memperhatikan gizi dan nutrisi dalam asupannya bisa jadi akan memiliki daya tahan tubuh yang rendah, lemah dan rentan.

Sebaliknya, mereka yang menjaga asupan nutrisi akan kebal dan tak mudah terserang penyakit. Disiarkan Men’s Health sebagaimana dikutip dari Republika.co.id, Jumat (28/12/2018), berikut adalah daftar makanan super kaya nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apa saja?

  1. Shilajit Himalaya

Shilajit ialah sejenis resin yang berasal dari pegunungan Himalaya, India. Kata ahli nutrisi Christine Bailey, shilajit ini kaya akan berbagai mineral serta fulvic acid. Shilajit Himalaya juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan.

  1. Jamur Reishi (Jamur Keabadian)

Jamur reishi ini berasal dari Cina. Tumbuhan yang terkenal dengan julukan Jamur Keabadian ini kaya akan kandungan polisakarida. Menurut Immunological Investigations, jenis karbohidrat ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga baik untuk imunitas. Jamur ini biasanya sering dicampurkan ke dalam teh.

  1. Kunyit

Seringkali, kunyit dijadikan sebagai salah satu bumbu makanan. Selain sebagai bumbu, kunyit mengandung curcumin serta kandungan antivirus yang terbukti bisa melawan berbagai penyakit, sebut saja mulai dari demam bahkan hingga kanker. Anda bisa menambahkan lada hitam guna meningkatkan penyerapan dalam tubuh.

Baca juga: Riset Ini Buktikan Produk Organik Malah Makin Membahayakan Bumi

  1. Daun Zaitun

Daun zaitun telah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan fungsi imun. Daum zaitun bisa menstimulasi fagisitosis ketika sel imun menghancurkan organisme asing. Konsumsilah daun zaitun dalam bentuk bubuk.

  1. Bengkuang

Dari bentuknya, bengkuang menyerupai ubi. bengkuang kaya akan vitamin C dan betakaroten yang dapat menguatkan kulit sebagai organ imunitas aktif.

  1. Kulit Kerang Lembut

Untuk melindungi tubuh dari virus musim dingin, kulit kerang lembut merupakan pilihan yang tepat. Kulit kerang bisa meningkatkan vitamin B12, lemak DHA dan EPA yang baik untuk aktivitas sel darah putih.

  1. Bawang Putih

Melansir Kompas.com, bawang putih beraroma khas, yang kadang membuat beberapa orang menghindarinya. Tapi siapa sangka, aroma ini punya banyak manfaat kesehatan. Aroma tajam ini berasal dari senyawa belerang, termasuk alicin. Para ilmuwan percaya senyawa ini bisa memblokir enzim yang terkait infeksi. Beberapa riset juga menunjukkan, menelan bawang putih bisa mengatasi masuk angin.

Penelitian lain menghubungkan asupan bawang putih dengan risiko yang lebih rendah dari kanker usus, perut dan esofagus. Cara konsumsi bawang putih cukup mudah, Anda hanya tinggal menjadikannya bumbu dalam masakan.

  1. Jahe

Rempah khas Indonesia ini sering disarankan untuk mengatasi rasa mual. Di samping itu, jahe juga punya kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Kajian terbaru dari 60 penelitian sebelumnya menemukan, jahe mungkin mempunyai efek menguntungkan pada obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Jahe juga dikenal mengandung senyawa yang baik bagi daya tahan tubuh seperti betakaroten dan capsaicin. Cara konsumsinya tentu Anda sudah akrab. Menjadikannya sebagai wedang jahe dan mencampurkannya ke dalam teh atau masakan sudah sering dilakukan di Indonesia.

  1. Tef (Teff)

Tef ialah sumber makanan yang kaya akan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, zat besi,  dan vitamin C. Teff kini semakin populer setelah Gwyneth Paltrow dan Victoria Beckham menggandrunginya. Tef sendiri merupakan biji-bijian dari Etiopia.

Biji-bijian yang bentuk dan rasanya mirip quinoa ini tinggi kandungan protein, vitamin C, dan kalsium. Menyusul kepopuleran quinoa sebagai superfood, teff kini mulai digemari banyak orang. Di Ethiopia, seperti dilansir dari Food.Detik.com, awalnya teff digunakan sebagai pakan hewan. Namun para pencinta makanan mengamati teff ternyata sangat bergizi dan bisa diolah menjadi beragam menu makanan.

Sebagaimana diungkapkan oleh Whole Grains Council, teff tinggi kandungan protein, vitamin C, dan kalsium. Tiap ½ cangkir teff juga mengandung 360 kalori. Nilai ini sedikit lebih tinggi dari ½ cangkir beras merah yang mengandung 300 kalori.

Keunggulan lainnya, teff merupakan jenis pati yang dapat membantu mengatur kadar gula darah sehingga memungkinkan orang yang mengonsumsinya mempertahankan berat badan yang sehat.

Untuk panganan lainnya, Anda bisa mendapatkan kekuatan super imun tubuh dari lemon, apel dan sup ayam. Lemon kaya akan senyawa bio-flavonoid yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan apel kaya akan serat dan dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi. Ada pun untuk sup Ayam, sebagaimana diketahui ia dapat membantu meredakan gejala pilek sehingga sangat cocok dikonsumsi di musim penghujan saat ini.