Sempat Tak Percaya Anaknya Terjun di Dunia Politik, Ini Wejangan Sudjiatmi Pada Jokowi


SURATKABAR.ID – Joko Widodo (Jokowi) selalu meminta restu sang ibu, Sudjiatmi Notomiharjo, saat mengambil keputusan penting, bahkan hingga kini saat jadi presiden. Sudjiatmi pun senantiasa memberikan restu kepada putranya itu. Tak lupa dia pun memberikan wejangan. Sudjiatmi menceritakan, dia awalnya tidak setuju Jokowi terjun ke politik. Hingga akhirnya dia melihat kemantapan hati Jokowi sepulang umrah.

Dikutip dari detikcom, Sudjiatmi sempat mempertanyakan motif Jokowi yang ingin terjun di dunia politik.

“Saya awalnya ndak setuju juga. Wong dia itu wiraswasta, dari saudara-saudaranya semua, kakek, nenek, dan pakde-pakdenya, pakliknya wiraswasta, dia kok mau ke politik. Saya tanya, cari apa kamu? Mau belok, mau nyalon wali kota itu lo,” tutur Sudjiatmi Kala itu, Jokowi mengaku ingin bermanfaat bagi banyak orang, lebih banyak daripada karyawannya saat itu. Jokowi kemudian makin mantap setelah umrah.

“Saya ya kalau anaknya mau maju, ya, sudah saya merestui dan mendoakan. Sampai gubernur dan sampai presiden begitu, dia pasti umrah dulu,” ucapnya.

Baca Juga: Lugas! Berpasangan Dengan Ma’ruf Amin, Jokowi Ungkap Ingin JK Mendampinnginya

Sudjiatmi mengaku tidak merasakan banyak perbedaan setelah Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI, hingga kini Presiden RI. “Sama-sama saja,” begitu ucapnya.

Jokowi juga mempertahankan kebiasannya, yaitu menelepon sang ibu ketika akan mengambil keputusan besar. Sudjiatmi lalu menyampaikan wejangan.

“Kamu harus tegar, kuat, dan berpendirian kuat. Punya pendirian sendiri. Jangan mau ditekan-tekan orang lain. Saya pesan cuma itu aja,” ungkap Sudjiatmi menirukan pesannya ke Jokowi.

Wejangan itu selaras dengan nilai-nilai yang ditanamkan Sudjiatmi ke Jokowi sejak kecil. Dia membebaskan anak sulungnya itu untuk mengejar cita-citanya asalkan tetap jujur dan kerja keras.

“Dari kecil saya tanamkan, bila besok sudah besar, mau kerja apa boleh terserah pilihamu sendiri tapi harus dipegang, jujur, dan mau kerja keras. Itu yg saya tanamkan sejak dulu. Juga tulus dan ikhlas. Dari dulu saya ingatkan, ingatkan, ingatkan,” tuturnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJasad Sang Istri Akhirnya Ditemukan, Ini Kata Ifan Seventeen
Berita berikutnyaSoal Tuduhan PKI ke Jokowi, Ma’ruf Amin: PKI Mata Lu