Gawat! Gelombang Dahsyat seperti Tsunami Anyer Juga Mengancam Kota Terbesar di Dunia Ini


SURATKABAR.ID – Gelombang besar seperti yang menerjang Anyer, Banten dan Lampung rupanya juga mengancam kota terbesar di dunia. Ilmuwan mengungkapkan, jika terjadi longsor di bawah laut di pesisir Spanyol bisa membuat kota tersebut berisiko dihantam megatsunami setinggi 80 kaki!

Dr Simon Day, seorang pemeliti di University College London, seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com pada Minggu (23/12/2018), mengungkapkan bahwa longsoran terkait bisa menciptakan gelombang dengan ketinggian minimal 10 kaki atau setara tiga meter di pesisir Eropa Barat.

Namun, seperti dikutip dari, Minggu (23/12/2018), gelombang tersebut bakalan memicu dinding air yang tak kalah tingginya saat mengarah ke pantai timur Amerika Serikat (AS). Pasalnya, perairan yang cenderung dangkal, insiden tersebut berpotensi meningkatkan tekanan ombak.

Ia mengatakan, tsunami dahsyat dapat ditimbulkan oleh tanah longsor di Kepulauan Canary, sebuah kepulauan milik Spanyol yang terletak di Samudera Atlantik. Kepulauan Canary berjarak sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari pantai barat Maroko.

New York, Boston dan Miami, serta Karibia dapat dengan mudah diluluhlantakkan oleh gelombang pembunuh. Bahkan negara-negara Amerika Tengah dan Selatan juga tak terlepas dari bayangan mengerikan tsunami raksasa ini.

Baca Juga: Ada Kemiripan dengan Tsunami Palu, Ini Fakta-Fakta Gelombang Tinggi di Banten dan Lampung

Khusus untuk Kota New York sendiri, total kerugian diprediksi akan menyentuh angka triliunan dollar AS, mengingat posisinya yang merupakan pusat keuangan dunia. Ditambah lagi dengan jumlah penduduk New York yang tercatat sebagai kota terpadat ketujuh di dunia.

Disebutkan, New York, terutama wilayah Long Island dan Manhattan, yang merupakan pulau landau dengan tanpa area perbukitan, menjadikannya sebagai kawasan paling mudah dihancurkan oleh gelombang tsunami.

Meski disebut-sebut, pola pelabuhan alam New York termasuk salah satu yang teraman di dunia, namun dorongan megatsunami masih dapat membobol masuk. Jika demikian, Distrik Wall Street dan Lower Manhattan, pusat komersial mereka, akan langsung terendam banjir.

“Evakuasi yang paling mungkin dilakukan adalah dengan bertahan di bangunan tinggi hingga air perlahan surut. Jaringan kereta bawah akan sangat terdampak, begitu pun area pelabuhan. Mayoritas Long Island, dan sebagian kecil Brooklyn,” ungkap Dr Simon Day.