Terjebak Lebih dari 11 Jam Usai Terjangan Tsunami Banten, Begini Detik-Detik Penyelamatan Bocah 5 Tahun


SURATKABAR.ID – Tsunami yang menghantam kawasan Pandeglang, Banten dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12) malam sekitar pukul 21.27 WIB memakan ratusan korban jiwa. Korban kemungkinan masih akan terus bertambah.

Berdasarkan laporan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com, hingga Minggu (23/12) sore pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 745 luka-luka, dan 30 belum diketahui keberadaannya.

“Jumlah masih akan terus bertambah. Ini masih data sementara. Mulai dari TNI, Polri, PMI, Tagana, BPBD masih terus melakukan pencarian korban. Juga masih ada yang tertutup material yang terbawa tsunami,” ungkap Sutopo, dikutip Tribunnews.com dari Kompas, Minggu (23/12/2018).

Salah satu korban selamat adalah seorang bocah yang diketahui bernama Ali (5). Bocah laki-laki ini ditemukan Minggu pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Ia berada di bawah timbunan puing-puing kayu di lokasi Mutiara Resort pantai Carita.

Prosesi penyelamatan Ali dibagikan melalui video yang diunggah oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Syahardiantono pada Minggu (23/12). Dalam video tersebut, terlihat seorang polisi menjelaskan seperti apa kondisi di Hotel Mutiara, Carita, Banten.

Baca Juga: Kesaksian Warga Soal Tsunami Banten: Ombak dari Sore Sudah Besar, Tapi Pas Jam 7 Malam Itu…

“Kami ada di Carita, Hotel Mutiara. Ini ada mobil yang tertimpa pohon. Di bawah ada masyarakat dua. Sedang kita coba evakuasi, mohon doa restunya. Mudah-mudahan korban bisa ditemukan dengan selamat,” ungkap polisi yang diketahui bernama Reeza dalam video tersebut.

Dalam beberapa foto yang ikut dibagikan, tampak hanya bagian wajah bocah itu saja yang terlihat di antara reruntuhan pohon. Begitu berhasil diselamatkan, bocah malang itu langsung digendong seorang polisi. “Alhamdulillah Ali umur 5thn dapat diselamatkan,” tulis Reeza.

Ketika evakuasi berlangsung, Ali disebutkan dalam kondisi sadar dan tengah menangis. Tubuhnya terlihat sangat kotor karena tanah. Ia juga mengalami luka ringan. Pertolongan terhadap Ali berada di bawah pimpinan Dansat Brimob Polda Banten.

Lihat videonya di bawah ini:

View this post on Instagram

Alhamdulillah Ali umur 5thn dapat diselamatkan

A post shared by Reeza ❤ Middlianti (@reezaherasbudi) on