Ayam Jantan Ini Melahap Anak Ular Kobra Seperti Makan Mie! Lihat Videonya


SURATKABAR.ID – Sebuah kejadian yang kini viral di media sosial menyorot perhatian publik. Terjadi di India, seekor ayam jantan terpergok tengah menyantap anak ular kobra dengan santai dan lahapnya, seperti sedang makan mie saja. Kejadian berawal saat seorang petani keluar dan melihat ayam kepunyaannya tengah menelan habis seekor anak kobra tanpa kesulitan sama sekali. Padahal, seperti diketahui, bisa ular kobra sangatlah berbahaya dan mematikan.

Sebagaimana ditukil dari laman ATimes.com, Kamis (20/12/2018), pada Jumat (02/11/2018), Nanjappa Hukeri melihat seekor anak ular kobra yang masih sangat kecil di kebun belakang rumahnya. Tempat tinggalnya itu terletak di sebuah kampung di kota Kalbrugi, Karnataka, India. Demikian seperti dilaporkan dalam Newsflare.

Dalam video yang bisa disaksikan di akhir berita ini, ayam jantan yang dimaksud terlihat mematuk anak ular itu. Ia kemudian mulai melahap dan menelannya hidup-hidup sampai habis, tanpa kesulitan sama sekali.

Anak kobra tersebut tampak melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri. Namun sangat jelas bahwa kekuatannya tak sebanding dengan sang ayam jantan.

Beberapa orang mengatakan, kemungkinan si ayam mengira ular itu merupakan cacing lantaran ukuran tubuhnya terbilang masih sangat kecil untuk seekor ular.

Baca juga: Nahas! Biksu Buddha di India Tewas Diterkam Leopard Saat Meditasi

Kobra adalah jenis ular yang sangat berbisa—bahkan untuk yang masih muda sekalipun. Sebuah gigitannya bahkan dapat membunuh seekor gajah. Dalam kasus ini, sang ayam cukup beruntung dapat menelan kobra tersebut sebelum dia kena gigit/ patuk.

Sementara ayam jantan, ia dikenal andal dalam memburu kelabang, cacing dan ular-ular kecil karena mereka menyerang dan mematuk mangsa mereka dari atas. Namun, ayam jantan tetap tidak akan berdaya apabila berhadapan dengan ular-ular lebih besar seperti piton, yang seringkali melihat ayam sebagai makan siang mereka.

Racun Mematikan Kobra

Racun ular kobra terkenal begitu mematikan. Menurut laporan Jogja.TribunNews.com, paling tidak si korban hanya mampu bertahan sekitar 10 hingga 13 menit saja untuk tetap hidup setelah seekor kobra menggigitnya. Pasalnya racun mematikan segera merasuk ke dalam aliran darah hingga akhirnya melumpuhkan jaringan tubuh yang digigitnya.

Seperti dirangkum dari medicinenet, emedicinehealth, cobra.org, WebMD Medical Reference, cdc.gov, dan umich.edu, diketahui bahwa setidaknya, ular kobra punya dua cara untuk melepaskan racunnya yang mematikan.

Pertama, dengan cara menyemburkan racun ke arah mata korbannya. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa hingga mengakibatkan kebutaan.

Kedua, yakni cara yang paling umum yakni dengan menyuntikan bisa ke tubuh korban yang tentunya melalui gigitan.

Racun kobra ini mengandung neuro toksin yang akan menyerang sistem saraf pusat secara cepat. Satu gigitan saja bisa menghasilkan cukup banyak racun dengan jumlah antara 200 hingga 500 mg. Dalam beberapa kasus bahkan jumlah racunnya bisa lebih banyak.

Beberapa saat setelah digigit, korban akan mengalami sakit yang luar biasa, mengalami vertigo hingga lemas bahkan koma. Tahap selanjutnya, racun menyerang sistem pernafasan dan akhirnya mengakibatkan kematian. Dalam beberapa kasus, racun kobra juga mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Seberapa cepat racun kobra dapat membunuh manusia? Paling tidak manusia mampu bertahan selama 13 menit setelah gigitan. Lebih mengerikan lagi, dosis racun dari satu kali gigitan ini mampu membunuh 20 orang manusia.

Melansir cobra.org, bahkan ada kobra yang mampu membunuh seekor gajah dalam hitungan beberapa jam saja. Gigitan kobra bisa langsung membunuh jaringan di sekitar gigitan, mengakibatkan pendarahan, melumpuhkan sistem saraf, kematian otot serta kerusakan mata.

Berikut adalah videonya ayam yang menyantap anak kobra tersebut.