Habib Bahar Disebut Berniat Kabur dan Sempat Ganti Nama, Pengacaranya Langsung Buka Suara


    SURATKABAR.IDPolisi mengungkapkan ada niatan dari tersangka penganiayaan dua orang remaja di Bogor, Jawa Barat, Habib Bahar bin Smith untuk melarikan diri dari masalah hukum. Disebutkan, perintah untuk kabur tersebut diturunkan oleh pimpinan tertinggi Habib Bahar.

    “Adanya informasi tersangka BS (Bahar bin Smith) akan melarikan diri dan adanya perintah dari pimpinan tertinttinya untuk diamankan,” jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Rabu (19/12), dikutip dari Detik.com.

    Namun demikian, Dedi menolak mengungkap siapa sosok pimpinan tertinggi Habib Bahar yang dimaksudkan tersebut. Ia kemudian menyelaskan keberadaan seseorang berinisial I yang bakal ‘mengondisikan’ kasus penganiayaan tersebut.

    “Adanya orang yang bernama I yang akan mengkondisikan perkara tersebut serta korban dan keluarga korban sehingga perlu diwaspadai,” imbuh Dedi lebih lanjut.

    Dedi menjelaskan bahwa sebelumnya Habib Bahar sempat mengganti namanya dalam akun media sosial miliknya menjadi ‘Rizal’. Diketahui, Bahar bin Smith mengganti nama tersebut begitu mengetahui rekaman video penganiayaan itu beredar luas di jagat maya dan menjadi viral.

    Baca Juga: Menyoal Penahanan Bahar bin Smith, Fadli Zon Sebut Bukti Kezaliman yang Mengancam Demokrasi

    “Jejak itu sudah didalami oleh penyidik melalui beberapa akun media sosialnya. Setelah tahu video penganiayaan itu viral, di salah satu akun yang disebarkan, yang bersangkutan sempat mengganti akun dan akun-akun tersangka diganti jadi nama Rizal,” tutur Dedi.

    Pengacara Bahar bin Smith, Munarman langsung merespons pernyataan polisi yang menyebut bahwa kliennya berencana melarikan diri untuk terlepas dari jerat hukum. Menurutnya, tudingan polisi tidak terbukti, pasalnya Habib Bahar memenuhi panggilan pemeriksaan dengan mendatangi Polda Jawa Barat.

    “Tidak benar. Tidak ada Habib Bahar sempat melarikan diri atau berencana melarikan diri. Buktinya Habib Bahar secara sukarela datang memenuhi panggilan Polda Jabar,” tegas Munarman ketika dimintai konfirmasi pada Rabu (19/12).