Belum Gabung Partai Mana Pun, Ini Pengakuan TGB Soal Jokowi-Ma’ruf


SURATKABAR.ID – Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi memutuskan untuk keluar dari Partai Demokrat setelah menyatakan dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Setelah keluar dari partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, TGB belum bergabung dengan partai politik manapun. Ia juga membantah klaim Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang menyebut TGB telah bergabung dengan Nasdem.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) ini menegaskan bahwa kini ia masih fokus berdakwah. Selain itu, ia juga beriktiar membantu Jokowi-Ma’ruf untuk memenangkan Pilpres 2019.

“Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kiai Ma’ruf Amin,” terang TGB, Senin (17/12/2018), seperti dikutip dari republika.co.id.

Baca juga:¬†Prabowo Sebut Indonesia Bakal Punah, Balasan Kyai Ma’ruf Nyelekit

Meski membantah klaim bahwa dirinya tergabung di Nasdem, TGB mengaku sangat menghormato Surya Paloh. Bagi mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut, Surya palo memiliki konstribusi besar bagi Indonesia.

“Pak Surya Paloh tokoh nasional. Sangat saya hormati. Kerja dan kontribusi kebangsaan beliau sudah teruji jauh sebelum beliau mendirikan Nasdem,” katanya.

Sebelumnya, Surya Paloh menyampaikan bahwa TGB bergabung ke Nasdem saat temu kader di Situbondo, Jawa Timur, Senin (17/12/2018). Surya mengatakan, secara informal TGB telah bergabung ke partai Nasdem, tapi belum secara formal.

“Keluarga besar NTB ada di Nasdem. Formalnya belum, informalnya, ya, sudah. Formalnya sudah jelas, nanti (masuk NasDem) dan dalam proses,” ujar Surya Paloh.

Selain itu, Surya Palih juga menuturkan bahwa partainya terbuka bagi semua kalangan. Tak hanya dari kalangan politisi, Nasdem juga menerima tokoh masyarakat, tokoh agama, artis, hingga mantan atlet.

Ketua DPW Partai Nasdem NTB Barat H Muhammad Amin sebelumnya juga menegaskan bahwa partainya terbuka jika TGB ingin bergabung. “Kami¬†welcome terhadap TGB, apalagi Nasdem merupakan partai terbuka,” kata Amin di Mataram, Jumat (14/12/2018) lalu.