2.065 Kotak Suara ‘Kardus’ Terendam Banjir di Bali, KPU Siapkan Gantinya


    SURATKABAR.ID – 2.065 kotak suara ‘kardus’, atau yang oleh KPU disebut sebagai karton kedap air, rusak terendam banjir di Kabupaten Badung, Bali. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan akan mengirim kembali kotak suara itu jika memang telah rusak akibat musibah banjir.

    “Nggak apa-apa kalau memang ada bencana sediakan alam, KPU gantinya. Dulu menjelang hari pemungutan suara, kantor KPU-nya terbakar ya sudah langsung kita sediakan, kalau ini ada bencana banjir lalu merusak logistik, kita sediakan,” papar Arief, di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). Demikian dilansir dari laporan Detik.com, Selasa 18/12/2018).

    Ia melanjutkan, kerusakan bencana alam tak bisa dihindari. Namun jika kotak suara mudah jebol dalam proses distribusi logistik ke TPS, maka boleh dipemasalahkan.

    “Kalau kotak suara ini rusak bukan karena menjalankan fungsi sebagai kotak suara, maka siapapun tidak bisa menghindar. Memang ada orang yang bisa menghindar bahwa kotak suara ini dibawa kapal, kemudian kapalnya tenggelam. Semua orang tidak bisa menghindar dari bencana alam seperti itu. Kotak suara ini disimpan di gudang dan gudang tenggelam karena banjir. Orang nggak bisa menghindar dari itu,” beber Arief kemudian.

    “Tetapi kalau pas dia dijalankan sebagai kotak suara, misal membawa logistik kemudian mendistribusikan logistik ke TPS, ternyata ketika dipakai untuk membawa logistik ke TPS dia jebol. Ya itu kalau begitu, Orang boleh dan patut khawatir soal kotak suara ini. Lalu misalnya pas selesai pemungutan suara dan dimasukkan ke kotak ini ternyata jebol, maka orang patut khawatir dengan itu,” tandasnya.

    Baca juga: Bukan Pakai Baliho, Jokowi Bocorkan Rahasianya Memenangkan Kontestasi Politik

     

    Terkait peristiwa di Bali, Arief mengklaim pihaknya belum mendapat laporan. Meski begitu, ia menegaskan lagi akan mengganti kotak suara yang rusak tersebut. Menurutnya, kotak suara itu kuat menahan beban 80 kg.

    “Terus terang ya saya belum terima report-nya itu. Tapi memang ada gangguan karena ada bencana banjir. Kalau memang rusak sebab banjir ya kami ganti. Produksi lagi,” pungkas Arief kemudian.

    Sebelumnya pada Sabtu (08/12/2018) lalu, sebanyak 2.065 kotak suara ‘kardus’ atau yang disebut karton kedap air rusak akibat terendam banjir saat disimpan di gudang KPU di Kabupaten Badung, Bali. Akibatnya kotak suara itu jadi tak bisa dipakai untuk Pilpres 2019 mendatang.

    “Iya, terendam air 2.065 kotak suara ditaruh di gudang (logistik),” imbuh Ketua KPUD Badung I Wayan Semara Cipta saat dihubungi awak media pada Senin (17/12/2018).

    [wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]