Viral Pernikahan dengan Mahar Burung Murai Batu, Tak Disangka Harganya Bisa Tembus Ratusan Juta!


SURATKABAR.ID – Perhatian netizen baru-baru ini terpaku pada video pernikahan dengan mahar seekor burung Murai Batu yang tersebar luas di media sosial Facebook. Pasalnya, seperti yang kita ketahui hewan, termasuk burung, bukan sesuatu yang umum dijadikan maskawin.

Rekaman pernikahan tersebut, seperti dilansir dari laman Grid.ID pada Minggu (16/12/2018), kali pertama dibagikan oleh pemilik akun media sosial Facebook yang bernama Penggemar Kicau Mania Malangbong, Kamis (13/12) lalu.

Bukannya seperangkat alat salat, logam mulia, atau perhiasan yang dipersiapkan oleh calon pengantin pria sebagai maskawin dalam pernikahan tersebut, si pria memilih mahar yang terbilang unik. Video tersebut pun langsung viral setelah ditonton lebih dari 35 ribu kali.

Video viral tersebut memperlihatkan prosesi ijab qobul mempelai pria ketika menyerahkan seekor burung Murai Batu di dalam sangkar kepada mempelai wanita. Setelah menerima burung Murai Batu dalam sangkar, sang pengantin wanita memberikan jawaban yang juga tidak biasa.

“Ya mas, saya terima (burung Murai Batu). Mudah-mudahan kami berdua bisa merawat burung dengan baik dan bahagia berdua. Amin ya Roballalamin,” ujar sang mempelai wanita sembari menerima maskawin yang diserahkan si pria.

Baca Juga: Viral Lantaran Ciuman dengan Pria Beristri di Minimarket, Pelaku Wanita Malah Salahkan Si Penyebar Video

Meski fenomena pernikahan dengan mahar burung Murai Batu ini terbilang unik, tidak biasa, bahkan sampai mengundang gelak tawa dari para tamu undangan dan pengguna media sosial, namun maskawin tersebut sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata.

Pasalnya, dari hasil pantauan Grid.ID, burung Murai Batu memang diketahui merupakan jenis burung mahal yang diperjualbelikan dengan harga fantastis. Di situs jual beli online OLX, rata-rata Murai Batu dijual di atas Rp 1 juta. Yang paling tinggi dibanderol di angka Rp 70 juta.

Dikutip Grid.ID dari Tribunnews.com, mahalnya harga beli satu ekor Murai Batu disebutkan tergantung pada prestasi yang ia miliki. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh seorang anggota komunitas pecinta burung Murai Batu dari Jambi.

“Harga burung itu ditentukan dari prestasi yang didapat. Satu burung bisa memenangkan lebih dari satu jenis kelas yang ada dalam lomba,” terang Deni, anggota Komunitas Burung Murai Batu (NBC) Jambi, pada Jumat (9/2) lalu.

Awal tahun 2018, bahkan harga seekor burung Murai Batu di Jambi ada yang sampai menembus angka Rp 350 juta. Jadi jangan pernah lagi menganggap remeh pria yang ‘cuma’ memberikan Murai Batu sebagai maskawin pernikahannya, ya?

Lihat video pernikahan yang viral di bawah ini: