Mengejutkan! Difavoritkan Juara Miss Universe 2018, Angela Ponce Ternyata Seorang Transgender


SURATKABAR.ID – Miss Universe 2018 akan segera diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 16 Desember mendatang. Yang mengejutkan dari kontes kecantikan dunia tahun ini, ada finalis yang memiliki latar belakang berbeda.

Finalis Miss Universe dari Spanyol bernama Angela Ponce adalah seorang transgender. Miss Spanyol itu rupanya cukup menarik perhatian di ajang kecantikan global tersebut.

Nama Angela pun difavoritkan menjadi pemenang di Miss Universe 2018. Hal tersebut berdasarkan voting online di website judi, di mana Angela Ponce diunggulkan.

Wanita yang dulunya seorang pria itu mengungkapkan bahwa jika dia memenangkan gelar Miss Universe 2018, dia akan mengirimkan email ke presiden Donald Trump yang dulu tidak mengizinkan transgender untuk jadi kontestan.

Baca Juga: 10 Cowok yang Memutuskan Jadi Transgender, Tubuhnya Dipermak Total

“Jika menang, kemenangan tersebut akan jadi kemenangan untuk hak asasi manusia. Wanita trans sudah teraniaya sejak lama. Jika mereka memberikanku mahkota, maka itu akan menunjukkan wanita transgender sama seperti wanita lainnya,” ungkap Angela kepada majalah Time.

Perubahan Angela secara utuh dari pria ke wanita dilakukan pada 2014. Angela mengaku bahwa kini dia adalah wanita seutuhnya yang seharusnya bisa diterima dengan baik di kehidupan sosial.

Seperti dikutip website resmi Miss Universe, Angela Ponce telah mendedikasikan usahanya untuk pemberdayaan perempuan muda dan keluarga. Transgender 27 tahun itu juga mengkampanyekan untuk mempromosikan perbedaan gender dan jenis kelamin.

Angela menjadi transgender pertama yang mengikuti kompetisi Miss Universe. Sebelum menjadi kontestan Miss Universe, Angela berhasil memenangkan gelar Miss Spanyol sehingga ia berhak mengikuti kompetisi kecantikan dunia tersebut.

Tahun ini, Indonesia diwakili oleh Fergina Sonia Citra. Pada babak Prelimery Sonia tampil memukau dengan menggunakan kostum nasional bertajuk The Bird Of Paradise. Kostum nasional Sonia inipun difavoritkan menjadi juara.