Blak-Blakan! 32 Tahun Menikah dan Sering Terlihat Mesra, Iriana Akui Jokowi Sempat Sembunyikan Hal Ini


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana sudah menikah selama 32 tahun. Keduanya tak jarang memperlihatkan kemesraannya. Namun siapa sangka, rupanya Jokowi tidak menceritakan kepada sang istri ketika pemilihan calon wakil presiden (cawapres).

“Saya tahunya aja pas mendekati (penentuan), baru tahu,” ujar iriana dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan di stasuin televisi swasta Trans7, Rabu (12/12) malam, seperti yang dilansir dari laman Detik.com pada Jumat (14/12/2018).

Meski tidak pernah diajak bicara soal pemilihan cawapres, namun Iriana mengaku enggan menanyakan hal tersebut kepada sang suami. Padahal, seperti yang diketahui banyak orang penasaran sosok yang dipilih Jokowi untuk mendampinginya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Saya ndak pernah tanya-tanya. Saya harus bisa mengerem diri saya sendiri. Biar Pak Joko bekerja,” tutur wanita yang kemudian mengaku bahwa dirinya tak pernah sekali pun ikut campur urusan politik Jokowi.

Satu-satunya hal yang disampaikan Jokowi kepada Iriana terkait politik hanyalah niatannya untuk kembali maju sebagai calon presiden (capres). “Oh itu iya. Karena kan terkait keluarga. Kalau berkaitan pekerjaan nggak pernah,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Bilang Kaesang Bisa Nyapres pada 2024, Jokowi Langsung Diprotes Keras Gibran

Jokowi akhirnya mendeklarasikan nama KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden satu hari sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 9 Agustus 2018 lalu. Dalam proses penentuannya, nama Mahfud MD sempat muncul dan digadang-gadang akan terpilih.

Sebagai Ibu Negara, Iriana rupanya tak sekali dua kali dilobi oleh berbagai pihak yang ingin berhubungan dengan Jokowi. Namun Iriana tetap memahami batasannya. “Banyak sekali (yang melobi). Tapi itu bukan urusan saya. Saya kan nggak punya beban, jadi saya -hati saya- los, nggak ikut campur,” ungkapnya.

Iriana mengungkapkan, bias anya yang melobi atau merayu dirinya adalah pihak yang ingin bertemu langsung dengan Jokowi. Ia pun selalu memberikan jawaban yang sama, agar mereka menghubungi sekretaris pribadi Jokowi.

“Tapi lama-lama orang tahu, ‘Oh memang nggak bisa (lewat Iriana)’,” timpal Jokowi.

Walaupun tidak pernah melibatkan Iriana dalam urusan politik, apakah Jokowi sama sekali tak pernah curhat?

“Kalau ada persoalan berat yang kira-kira tak bisa, saya keluarkan. Saya sampaikan. Kalau pas lebih anu lagi, saya ke ibu kandung saya,” jelas Jokowi.

“Doa orangtua penting, (saya mendoakan) yang terbaik buat Pak Jokowi,” Iriana melengkapi jawaban Jokowi.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]