Awalnya Tak Ada yang Spesial, Siapa Sangka Isi Rumah Batu Sutini Bikin Orang Terbelalak


SURATKABAR.ID – Tak hanya ada di film anak-anak saja, rupanya rumah batu mirip rumah Patrick di animasi Spongebob Squarepants garapan Nickelodeon juga bisa ditemukan di Wonogiri, Jawa Tengah. Warga pun sempat dibuat heboh dengan rumah batu di dunia nyata milik Sutini tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com pada Sabtu (8/12/2018), rumah Sutini yang berdiri di Dusun Mujing, Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah itu tengah ramai diperbincangkan oleh para pengguna media sosial.

Pertama kali diunggah di grup media sosial Facebook Kabar Wonogiri pada akhir November 2018 lalu, foto-foto rumah batu Sutini langsung viral dan sudah dibagikan hingga lebih dari 1.700 kali. Meski viral baru-baru ini, rupanya rumah tersebut sudah ada sejak 16 tahun yang lalu.

Adalah Loso, suami Sutini yang membangunnya pada tahun 2002. Rumah tersebut terbuat dari semen dari dinding hingga atap. Memiliki luas 9 X 9 meter dengan 2 lantai, rumah batu Sutini hanya membutuhkan waktu 6 bulan pembangunan oleh lima orang tukang.

“Pembangunan rumah batu itu sekitar tahun 2002, setelah setahun saya lulus STM. Rumahnya dibangun lima orang dan dikerjakan selama enam bulan,” tutur Nurwono, putra sulung Sutini, seperti yang dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com.

Baca Juga: Viral! Seorang Anak Punk Sukses Bikin Netizen Syok, Lihat Apa yang Dilakukannya

Nurwono mengungkapkan untuk membangun rumah batu tersebut, sang ayah hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 100 juta saja. “Biayanya sekitaran seratusan juta rupiah. Saat ini yang tinggal di rumah batu, ibu dan nenek saya,” imbuhnya.

Tak sedikit yang mengatakan rumah batu di Wonogiri tersebut sangat mirip dengan rumah batu Patrick. Bahkan ada juga yang menyebut bentuknya tak jauh berbeda dengan rumah dalam film-film bertema purbakala.

Namun Nurwono menolak semua pendapat tersebut. Ia menegaskan jikalau dalam pembangunan rumah keluarganya itu sama sekali tidak terinspirasi dari film apa pun. “Inspirasi pembuatan rumah batu tidak ada kaitannya dengan film. Saat itu kan belum ada film Spongebob,” jelasnya.

“Pembangunan rumah berawal dari keinginan bapak saya yang suka membuat taman. Taman itu biasanya ada batu-batu bulatnya. Terus ide bapak saya kalau batu itu dibuat rumah jadinya seperti apa,” tutur Nurwono.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sang ayah sengaja membangun rumah batu dengan bentu unik lantaran tidak ingin disamai dengan bangunan orang lain. “Bapak saya sukanya yang nyeleneh (unik). Makanya bapak saya membuat rumah batu,” ujar Nurwono lagi.

Ada keunikan dari rumah batu viral ini, yakni suhu di dalam ruangan yang terasa nyaman bagi penghuninya. “Siang hari rumahnya kena matahari panas, imbasnya terasa saat malam. Sementara kalau malam cuaca di luar dingin sehingga saat siang di dalam rumah malah tidak panas,” jelasnya.

Sejak foto-fotonya tersebar di dunia maya, rumah batu Sutini selalu ramai dikunjungi. Setiap harinya bisa sampai ratusan pengunjung yang datang. Kebanyakan pengunjung datang lantaran penasaran dengan penampakan rumah batu tersebut.

Kedatangan begitu banyak tamu, Sutini sang pemilik rumah mengaku sangat senang dan bangga karena tempat tinggalnya menginspirasi banyak orang. Tak hanya bentuknya yang unik, rumah batu ini juga memiliki fungsi sosial. Ketika gempa, banyak tetangga yang mengungsi ke rumahnya karena aman.

“Pengunjung masuk ke rumah sampai ke lantai dua untuk foto-foto. Tapi kami malah senang mendapat kunjungan dari banyak orang,” kata Nurwono. “Tetangga merasa aman kalau tinggal di rumah. Karena banyak yang beranggapan rumah itu tidak akan roboh,” pungkasnya.

Lihat foto-fotonya di bawah ini: