Via Vallen& Nia Ramadhani Akan Segera Diperiksa Soal Kosmetik Bermercury


    SURATKABAR.ID – Sejumlah artis dan selebritas Tanah Air tengah diduga terlibat dalam kasus kosmetik palsu dari Jawa Timur. Pihak Polda Jawa Timur mengagendakan akan memanggil total enam artis di akhir pekan ini. Via Vallen, Nella Kharisma hingga Nia Ramadhani disebut-sebut terlibat dan akan dipanggil sebagai saksi dalam kasus dugaan kosmetik palsu yang selama ini beredar di Jawa Timur.

    Menukil laporan Tirto.ID, Jumat (07/12/2018), Nella Kharisma, Via Vallen dan Nia Ramadhani akan dimintai keterangan terkait penyidikannya. Bahkan, penyidik sudah menjadwalkan pemeriksaan ketiga artis tersebut. Mereka akan dipanggil secara bertahap.

    “Dimulai dari Nella Kharisma, minggu depan dipanggil sebagai saksi, Via Vallen, Nia Ramadhani dan seterusnya,” ungkap Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Magera, Kamis (06/12/2018), melansir reportase Suara.com.

    Derma Skin Care Mengandung Mercury

    Menurut keterangan dari Frans, pemeriksaan keenam artis berawal saat kepolisian menerima laporan masyarakat ada efek negatif dari kosmetik bermerek Derma Skin Care. Munculnya nama Nia Ramadhani bisa dibilang cukup mengejutkan. Sehingga pihak yang berwajib akan segera melakukan pemeriksaan terkait nama-nama artis yang diduga terlibat.

    “Minggu depan hari Rabu sama hari Kamis. Tadi saya sudah bicara sama penyidiknya. Kalau gak salah [artis] yang Surabaya dulu,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera kepada awak media, Jumat (07/12/2018).

    Baca juga: Lagi Nge-hits! Helm Elmo, Berawal dari Kado Pacar Hingga Omset Rp 18 Juta

    Kosmetik ini ramai dipakai publik karena di-endorse oleh para artis. Usai dilakukan penyelidikan, polisi mendapati bahwa kosmetik yang bersangkutan ini tidak punya izin beredar di masyarakat dan berbahaya.

    “Setelah kita lakukan pemeriksaan ternyata tidak dilengkapi dengan [izin] BPOM dan Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan sudah menyatakan itu mengandung mercury sehingga memang ada iritasi kulit,” sebut Frans.

    Endorse Artis

    Lebih lanjut, Barung mengungkapkan, nantinya artis yang diperiksa bakal ditanya apakah tahu kosmetik yang dipromosikan merupakan ilegal.

    Sebelumnya, Polda Jatim mengamankan seorang tersangka berinisial KIL. KIL ialah orang yang memproduksi kosmetik dengan merek DSC (Derma Skin Care) Beauty.

    Untuk membuat DSC Beauty, tersangka menggunakan bahan campuran dari sejumlah merek terkenal.

    Dari penggeledahan yang dilakukan, penyidik telah menetapkan pemilik sekaligus pembuat kosmetik oplosan berinisial KIL. Frans tak merinci nama-nama artis yang diperiksa dalam agenda pemeriksaan pekan depan. Meski begitu, ia memastikan Via Vallen, Nia Rahmadani, dan Nella Kharisma akan dipanggil karena ikut meng-endorse produk kosmetik ilegal tersebut.

    Diketahui, untuk memasarkan produk tersebut, tersangka menggaet sejumlah artis untuk menjadi endorse. Artis-artis tersebut antara lain VV, NR, MP, NK, DJB dan DK.