Peduli Bumi, 4 Kota di Indonesia Resmi Melarang Kantong Plastik


SURATKABAR.ID – Mulai 1 Desember 2018 Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat resmi melarang penggunaan dan penyediaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dalam pencanangan Hari Tanpa Kantong Plastik di Kota Bogor, Sabtu (1/12/2018).

“Hari ini resmi dimulai Hari Botak (Bogor tanpa Kantong Plastik) se-Kota Bogor,” tutur Bima dalam kegiatan tersebut, dikutip dari liputan6.com, Minggu (2/11/2018).

Kebijakan yang melarang penggunaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan ini diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik. Hal ini pun telah disosialisasikan sejak beberapa bulan lalu.

Baca juga: Para Siswi Sekolah di London Desak Ortu Stop Gunakan Smartphone di Rumah

Bima mengungkapkan, Hari Botak alias hari tanpa kantong plastik di Kota Bogor tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat dan peritel. Bahkan, sejumlah toko juga telah siap menerapkan aturan dengan menyediakan kantong ramah lingkungan.

Menurut Bima, kantong ramah lingkungan ini terbuat dari serat singking. Ada pula tas belanja yang terbuat dari bahan daur ulang. Kantong tersebut bisa didapatkan oleh pembeli dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu.

“Warga bisa membeli tas belanja lainnya, banyak alternatif, ada tas belanja dari serat singkong, dan daur ulang,” lanjut Bima.

Selain itu, untuk saat ini sejumlah ritel telah menerapkan kebijakan tersebut. Meskipun ada beberapa ritel yang masih menggunakan kantong plastik dengan alasan menghabiskan stok yang ada.

Namun, ke depan akan diberlakukan sanksi bagi pelanggar kebijakan tersebut, mulai dari denda, pencabutan izin, hingga kurungan. Bima menuturkan, saat ini kebijakan masih diberlakukan di ritel modern dan pusat perbelanjaan. Sebab, peritel dianggap lebih siap dibanding pasar tradisional.

“Karena sekarang yang memungkinkan menerapkan aturan ini baru ritel, kalau tradisonal nanti bertahap, kita coba di tahun mendatang,” lanjutnya.

Diketahui, Bogor merupakan kota keempat yang menerapkan aturan tersebut. Sebelumnya, Banjarmasin, Balikpapan, dan Badung (Bali) telah lebih dulu menerapkan larangan penggunaan kantong plastik.