Demi Reuni Aksi 212, Pria Ini Rela Gadaikan Motor


SURATKABAR.ID – Aksi 212 yang digelar pada 2 Desember 2016 lalu dihadiri oleh ribuan massa dari berbagai daerah, termasuk dari luar Jawa.

Kali ini, Reuni Aksi 212 yang digelar di Kawasan Monas pada Minggu (2/12/2018) juga dihadiri massa dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Abu Rafa yang berasal dari Sumatera Barat.

Pria yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat ini rela jauh-jauh datang ke Ibu Kota Jakarta demi menghadiri Reuni Aksi 212 di Monas.

Pada 2016 lalu, Abu Rafa mengklaim bahwa dirinya juga ikut serta dalam Aksi 212. Bahkan, ia rela menggunakan hak cuti tahunannya demi menghadiri kegiatan tersebut.

“Saya cuti seminggu demi 212,” tuturnya saat ditemui di Masjid Al-Ma’mur, Jalan KH Mas Mansyur Nomor 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12/2018) sore, dikutip dari teras.id.

Baca juga: Reuni Akbar 212, GP Ansor: Dulu Targetkan Ahok, Sekarang Siapa?

Dalam kegiatan kali ini, Abu Rafa mengaku datang bersama sekitar seribu anggota organisasi masyarakat berbasis Islam di Sumatera Barat. Ia bertugas sebagai koordinator lapangan alias korlap dalam massa ormas gabungan tersebut.

Abu Rafa mengungkapkan, ia berangkat ke Jakarta dengan menggunakan bus bersama sejumlah orang. Mereka tiba di Jakarta pada Sabtu (1/12/2018) pagi. “Ada 40-an orang yang naik bus,” katanya.

Sementara itu, terkait pendanan, mulai dari transportasi, makan, hingga akomodasi, menurut Abu Rafa berasal dari uang pribadi masing-masing peserta. Bahkan, ia rela menggadaikan sepeda motornya untuk membiayai keberangkatannya menghadiri Reuni Aksi 212.

Meski tak mengatakan jumlah uang yang didapat dari hasil menggadaikan motor, Abu Rafa memperkirakan uang tersebut akan cukup membiayai hidupnya selama di Jakarta hingga Reuni Aksi 212 usai dan kembali lagi ke rumahnya pada Senin (3/12/2018) besok.

“Demi bermunajat, bersalawat, bertahajud,” tuturnya yang disambut dengan takbir oleh belasan orang yang ada.