Tutup Festival Qasidah, Jokowi Dendangkan Lagu Sabyan dan Jelaskan Maknanya


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan menyanyikan lagu Sabyan Gambus. Dalam acara yang digelar Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LAQSI), Jokowi melantunkan ‘Deen Assalam’ yang populer di YouTube.

“Saya lihat kemarin di YouTube, yang melihat hampir 174 juta. Sudah hampir sebanyak jumlah penduduk Indonesia dan lagunya yang terkenal ‘Deen Assalam’’, bener?” ujar Jokowi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Kamis (29/11), dikutip dari Detik.com.

Jokowi pun melantunkan lirik reff dari lagu milik Sabyan Gambus dengan lancar. “Abtahiyyat wabsalam, ansyuru ahlal kalam zainuddin yahtirom. Sudah, saya hanya hapal reff-nya. Seterusnya Bapak Ibu suaranya lebih bagus,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa Islam memiliki perhatian yang sangat tinggi akan seni, termasuk qasidah. Jokowi kemudian mengutip maksa yang terkandung di dalam lagu berjudul ‘Deen Assalam’ tersebut.

“Coba kalau kita artikan tadi, ‘abtahiyyat wabsalam’, melalui perilaku mulia dan damai. Kemudian ‘ansyuru ahlal kalam jainuddin yahtirom’, sebarkanlah ucapan yang manis,” jelas Jokowi mengartikan reff ‘Deen Assalam’.

Baca Juga: Pertemuan Akrab Jokowi dan Yusril di Istana, Bahas Apa Saja?

Menurutnya, saat ini qasidah sudah mengalami perubahan, menjadi lebih mengikuti perkembangan zaman. Ia mengingat ketika mendengarkan lagu ‘Merdeka Membangun’ yang dibawakan oleh Nasida Ria di masa remajanya. Sekarang, grup qasidah yang paling kekinian adalah Sabyan Gambus.

“Seperti saya bercerita, Nasida Ria di tahun 70, 80-an. Sekarang yang terbaru ada grup Sabyan yang dimotori anak-anak muda dan Nissa Sabyan yang baru berusia 19 atau 20 tahun. Sabyan muncul sebagai grup qasidah yang milenial dan fenomenal,” ungkap Jokowi.

Acara tersebut dimeriahkan oleh sang Juara Umum Festival Qasidah yang direbut oleh Provinsi Sumatera Utara. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak para pemenang untuk ber-selfie dan memberikan hadiah sepeda.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara penutupan Festival Qasidah tersebut, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Selain itu ada juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy.