Viral! 5 Pernyataan Kontroversial Edy Rahmayadi. Mana Paling Nyeleneh?


SURATKABAR.ID – Beberapa waktu belakangan, publik menyuarakan agar Edy Rahmayadi segera turun dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Apalagi, Edy diketahui juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Akibat rangkap jabatan tersebut, Edy dinilai tak mampu fokus mengurusi persepakbolaan di Indonesia.

Publik merasa kecewa atas kepemimpinan Edy. Mulai dari pemecatan Luis Milla, hingga gagalnya Indonesia lolos di babak penyisihan Piala AFF 2018. Alhasil, tagar #EdyOut pun menggema di media sosial.

Meski begitu, Edy seakan tak peduli dengan komentar masyarakat atas kepemimpinannya di PSSI. Bahkan, ia kerap melontarkan komentar yang dianggap tak nyambung dan nyeleneh.

Diantara beragam komentar yang pernah disampaikan Edy, setidaknya ada 5 pernyataan paling kontroversial hingga jadi sorotan publik dan sempat jadi meme di media sosial. Dikutip dari jpnn.com, Selasa (27/11/2018), berikut 5 pernyataan Edy paling kontroversial.

1. Salah sebut

Saat baru menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Edy sempat melakukan wawancara bersama wartawan. Saat itu, wartawan menanyakan soal persiapan jangka panjang PSSI.

Baca juga: Soal Janji PKS yang Ingin Hapus Pajak Motor, Fahri: Jangan dong, Justru Kalau…

“Waktu yang sangat singkat kita akan berhadapan dengan FFC, AFC, 2017 Asian Games, SEA Games,” kata Edy.

Namun, saat Edy mengatakan AFC, ada wartawan yang nyeletuk “AFF, pak” untuk mengoreksinya.

2. Suporter tewas

Pada 13 Oktober 2017 wartawan Tirto pernah menanyakan tanggapan Edy soal banyaknya suporter sepak bola yang tewas sejak 2016 karena alasan rivalitas. Tak disangka, Edy kala itu memberikan jawaban mengejutkan.

“Tanggapannya, saya mau mundur saja jadi ketua umum PSSI. Kamu (saja yang) jadi ketua PSSI. Mudah-mudahan tidak ada yang tewas, deh,” ujar Edy.

3. Rangkap jabatan

Reporter Kompas TV pernah menanyakan langsung soal rangkap jabatan Edy sebagai Ketum PSSI dan Gubernur Sumut. Namun, wawancara yang dilakukan pada 24 September 2018 malah viral karena jawaban Edy.

“Apa urusan Anda menanyakan itu? Bukan hak Anda bertanya kepada saya,” jawab Edy singkat.

4. Tudingan menampar suporter

Belum lama ini, beredar video Edy yang terlihat menampar suporter PSMS Medan di Stadion Teladan, Medan. Menurut Edy, ia tak melakukan penamparan, hanya memegang pipi.

“Sudah suatu kebiasaan saya memegang pipi. Jika enggak, saya megang kepala. Kok larinya (saya dianggap) menampar gitu? Tangan saya ini besar. Jika nampar orang, sayang sekali. Ya, Anda udah tahulah itu,” tuturnya kepada awak media.

5. AFF 2018

Kegagalan Indonesia di Piala AFF 2018 menjadi sorotan para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, performa timnas dianggap menurun dan tak seapik biasanya. Saat ditanya soal ini, Edy menuturkan bahwa wartawan harus baik jika ingin timnas bermain dengan baik.

“Wartawannya yang harus baik. Jadi, kalau wartawannya baik, nanti timnasnya baik,” tukasnya sambil berlalu.

Diantara kelima pernyataan Edy ini, mana yang paling nyeleneh?