Nyatakan Dukung Prabowo-Sandiaga, Tak Disangka Begini Reaksi Rhoma Irama Ketika Lihat Foto Jokowi dan Megawati


SURATKABAR.ID –Rhoma Irama menyatakan sikapnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sang Raja Dangdut mengungkapkan  dirinya siap memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal tersebut, seperti dihimpun dari laman Tribunnews.com pada Senin (26/11/2018), diungkapkan Rhoma Irama dalam acara E Talk Show yang ditayangkan di TV One pada Jumat (23/11) lalu yang diunggah melalui channel YouTube Talkshow tvOne.

Di awal acara tersebut, Rhoma menyanyikan lagu ‘Penasaran’ bersama host Wahyu Muryadi sebagai pembukaan. Usai merampungkan nyanyiannya, host acara mengajukan pertanyaan tentang sikap politik sang Raja Dangdut di Piplres 2019 mendatang.

“Tadi kenapa Om Way sengaja pilih lagunya ‘Penasaran’, karena Om Way penasaran nih sampe sekarang, sebenarnya pilihan politik Pak Haji (Rhoma Irama) itu ke mana gitu, lho?” celetuk Wahyu Muryadi kepada Rhoma.

Mendapatkan pertanyaan tersebut, terlihat senyuman di wajah Rhoma Irama. Ketua Umum Partai Idaman tak langsung memberikan jawaban lugas. Ia terlebih dahulu menjelaskan apa itu demokrasi dan juga perbedaan.

Baca Juga: Relawan Rhoma Irama Nyatakan Dukungan, Tanggapan Sandiaga Jadi Sorotan

“Demokrasi mutlak harus berbeda. Oleh karena itu, perbedaan inilah yang harus kita hormati dan tidak harus selalu sama,” ujar Rhoma Irama. “Dalam konteks itu, saya telah menjatuhkan pilihan kepada Bapak Prabowo-Sandiaga Uno, yaitu 02,” imbuhnya kemudian.

Wahyu Muryadi lantas menanyakan apakah dari pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sempat ada pinangan. Rhoma Irama mengaku bahwa ia menerima banyak permintaan dari kubu petahana untuk bergabung. Namun ia dengan tegas menolak tawaran yang masuk.

“Sejak awal banyak utusan-utusan kelompok dari sana (kubu Jokowi) mencoba melobi saya tentunya. Tapi ya dengan baik-baik saya tolak. Artinya kita sependapat kita tidak searah dalam membangun bangsa ini,” jelas sang Raja Dangdut tersebut.

Rhoma Irama mengaku mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga dengan berbagai cara. Ia bahkan telah menciptakan sebuah lagu berjudul ‘Hak Asasi’. Lagu tersebut spesial diperuntukkan kepada pasangan yang diusung Partai Gerindra. “Ini sebetulnya lagu lama, tapi diperbaharui saja,” jelasnya.

Selanjutnya, Wahyu Muryadi menantang sang Raja Dangdut memberikan satu kata ketika melihat foto para tokoh yang ditunjukkan co-host acara E Talk Show. Foto pertama yang diperlihatkan kepada Rhoma Irama adalah foto Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Begitu melihat foto tersebut, Rhoma Irama terlihat terdiam sebelum akhirnya memberikan jawaban cepat dan singkat. “No comment,” serunya sembari tertawa.

Jawaban yang sama dilontarkan Rhoma ketika diperlihatkan foto kedua yakni foto Presiden Joko Widodo. “No comment,” ujarnya sekali lagi.

Meskipun diminta Wahyu Muryadi untuk memberikan jawaban lain, Rhoma Irama tetap pada jawaban awal. Dan ketika ditunjukkan foto Elvie Sukaesih, terlihat jelas bahwa Rhoma Irama kesulitan memilih satu kata.

“Satu kata aja? Satu kata, kan? Elvi,” kata Rhoma. “Penyanyi dangdut,” sahutnya sambil tertawa ketika diminta jawaban lain.

Untuk kali ketiga, Rhoma Irama menjawab ‘No comment,’ saat melihat foto Ma’ruf Amin di hadapannya. Baru ketika ditunjukkan foto Sandiaga Uno, Ahmad Dhani, Prabowo Subianto, Tommy Soeharto, Jusuf Kalla, dan Agus Yudhoyono, Rhoma memberikan komentar yang berbeda.

“Keren,” ujar Rhoma untuk menggambarkan sosok Sandiaga.

“Berani,” ungkapnya saat melihat foto Ahmad Dhani.

“Hebat!” seru Rhoma ketika diperlihatkan foto Prabowo.

“Bagus,” ujarnya sewaktu ditunjukkan foto Tommy Soeharto.

“Adem,” untuk foto Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Gagah,” kata Rhoma pada foto Agus Yudhoyono.