Mitos Bangun Tidur Langsung Berdiri Akibatkan Kematian Mendadak, Begini Penjelasan Ahli Jantung


    SURATKABAR.ID – Pernahkah Anda merasakan pusing yang tiba-tiba datang ketika buru-buru langsung berdiri begitu bangun pagi? Tak sedikit mitos yang beredar tentang kebiasaan itu. Ada yang menyebut hal tersebut bisa membuat jantung terbebani dan bisa berakibat fatal. Tapi benarkah seperti itu?

    Menanggapi hal tersebut ahli jantung, dokter Aron Husink, SpJP, seperti yang dilansir dari Detik.com pada Minggu (25/11/2018), buka suara. Ia mengatakan, aliran darah prinsipnya adalah cairan dan setiap cairan akan mengisi ruang-ruang kosong. Hal itu yang kemudian menimbulkan tekanan.

    “Prinsipnya aliran darah itu adalah cairan, yang mana setiap cairan pasti ada tekanan yang akan mengisi ruang-ruang yang akan diisinya,” jelas dr Aron Husink, ketika ditemui dalam ISICAM-InaLive ke-10 yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat pada Sabtu (24/11).

    Ia menjelaskan, ketika tidur maka tekanan darah seseorang akan turun. Dan ketika bangun mereka memaksakan diri untuk langsung berdiri, hal itu menyebabkan cairan tubuh tertarik karena gravitasi menuju ke kaki. Sama seperti darah di dalam tubuh, mengingat darah merupakan cairan.

    Orang sehat memiliki pembuluh darah yang masih bagus dan denyut jantung kuat. Kondisi ini tersebut tak akan menjadi masalah. Dalam waktu sekejap, jantung orang-orang sehat bisa langsung menarik kembali darah yang turun menuju kaki. Dengan demikian mereka tak mengalami pusing.

    Baca Juga: Leher Sakit Saat Bangun Tidur. Benarkah Salah Bantal? Cek Penjelasannya Ini!

    Tidak seperti orang sehat. Mereka yang memiliki riwayat lemah jantung atau sudah lanjut usia, akan merasakan pusing ketika memaksa langsung berdiri setelah bangun pagi. Ini disebabkan karena sistem kompensasinya tak semulus mereka yang sehat.

    Langsung berdiri saat bangun tidur akan menyebabkan tensi atau tekanan darah menurun secara tiba-tiba. Selain itu asupan oksigen di otak juga berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan pusing. “Ini disebut hipotensi ortostatik,” jelas dr Aron lebih lanjut.

    Namun demikian, ia menegaskan bahwa kondisi tersebut sama sekali tidak membahayakan kesehatan. Kondisi pusing mendadak seperti itu terjadi hanya karena adanya perubahan posisi tubuh. Dari yang awalnya berbaring terlentang ke posisi duduk atau bahkan berdiri tegak.