Hotman Paris Tiba-tiba Ucapkan Terimakasih Pada Jokowi, Ternyata Ini Penyebabnya


SURATKABAR.ID – Melalui akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, Hotman Paris menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Jokowi.

Hal ini karena presiden Jokowi memberikan dukungan kepada korban pelecehan seksual yang terancam dibui dan didenda Rp500 juta, Baiq Nuril. Dilansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi berharap agar peninjauan kembali nantinya bisa memberikan keadilan bagi Nuril.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi seusai blusukan di Pasar Sidoharjo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11/18).

Presiden Jokowi menegaskan, semua pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Demikian pula dirinya sebagai Presiden.

“Sebagai kepala pemerintahan, saya tidak mungkin, tidak bisa mengintervensi putusan itu. Ini yang harus diketahui terlebih dahulu,” ujar Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Akhirnya Buka Suara, Ini Kata Jokowi Soal Kasus Baiq Nuril

Kendati begitu, Jokowi menegaskan Baiq Nuril masih bisa mengajukan upaya hukum melalui peninjauan kembali (PK).

“Dalam mencari keadilan, Ibu Baiq Nuril masih bisa mengajukan upaya hukum, yaitu PK,” terang Jokowi. Jokowi pun berharap melalui Mahkamah Agung bisa memproses PK Baiq Nuril dan memberikan keputusan yang adil.

“Kita berharap nantinya melalui PK, MA, Mahkamah Agung, dapat memberikan keputusan yang seadil-adilnya,” harap Jokowi.

“Saya sangat mendukung Ibu Baiq Nuril mencari keadilan,” imbuh Jokowi.

Jokowi memberi catatan, bila PK tidak bisa diharapkam, Baiq Nuril bisa mengajukan grasi ke dirinya.

“Dan seandainya, ini seandainya, PK-nya masih belum mendapat keadilan, bisa mengajukan grasi ke Presiden,” tukas Jokowi.

“Emang tahapannya seperti itu. Kalau sudah mengajukan grasi ke Presiden, nah nanti itu bagian saya, ya,” papar Jokowi.

Pernyataan Presiden sontak disambut baik banyak pihak, terutama pengacara kondang Hotman Paris. Hotman Paris menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi.

Ucapannya itu ia sampaikan melalui video pernyataan Jokowi yang diambil dari satu media swasta. Ia juga mengimbau Baiq Nuril untuk segera membuat laporan polisi terhadap oknum yang melecehkannya.

“Makasih Pak Presiden! Agar Nuril buat Laporan polisi thdp oknum eks kepala sekolah! Agar Kapolri perintahkan periksa penyidik pol dan agar jaksa dan kajari dan kajati di periksa oleh Jaksa Agung!!Dimana logika hukummu?” tulis Hotman Paris, Senin (19/11/18) malam.

Agar, lanjutnya, setelah pelaporan itu Kapolri bisa perintahkan untuk memeriksa penyidik polisi. Selain itu ia berharap agar Jaksa, Kejaksaan Negeri (Kajari) serta Kejaksaan Tinggi (Kejati) diperiksa oleh Jaksa Agung.

Sebelumnya, Hotman Paris memang gencar menyuarakan Baiq Nuril agar mendapat keadilan. Hotman Paris juga meminta keluarga Baiq Nuril untuk menemuinya di Kopi Johny pada 22 November 2018 pukul 07.00 WIB di Kopi Johny, Kelapa Gading.