Jarang Diketahui! Kunci Agar Anda Cepat Dapat Kerja Ternyata Cuma dengan Lamaran Macam Ini


SURATKABAR.ID – Membuat surat lamaran pekerjaan memang gampang-gampang susah. Gampang, karena kita hanya perlu menyertakan daftar riwayat hidup dan resume. Sulit karena kita harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk membuat perusahaan tertarik memperkerjakan kita.

Dilansir dari Detik.com pada Senin (19/11/2018), bentuk Curiculum Vitae (CV) dan juga resume atau application letter menjadi satu faktor seseorang diterima atau tidaknya bekerja di sebuah perusahaan. Untuk itu, sebagai pelamar kerja, kita harus menampilkan CV dan resume semenarik mungkin.

“Anda harus pastikan apakah mereka menyukai Anda atau tidak. Jadi kesan pertama bisa dimaksimalkan untuk menentukan ke langkah selanjutnya,” ujar founder dari Salary Coaching for Women Olivia Jaras, dikutip Detik dari CNN, Senin (19/11).

Menurutnya, CV dan resume lebih dari sekedar pelengkap Anda saat wawancara. Keduanya dapat membantu seseorang untuk menegosiasikan gaji yang diharapkan. “Resume yang baik itu tidak memaksa, tidak agresif dan harus tegas. Tetapi tetap menimbulkan energi positif yang baik,” imbuhnya.

Lantas, CV dan resume seperti apakah yang harus dibuat agar bisa menarik hati pewawancara?

Baca Juga: Luar Biasa! Kerjanya Cuma Bikin Caption Instagram, Wanita Ini Digaji Hampir Rp 100 Juta Sehari

Buat Bagian Kepala Sesimpel Mungkin

Jaras mengungkapkan, kunci dari resume yang menarik adalah membuat bagian kepala sesimpel mungkin. Seperti misalnya, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang memudahkan pewawancara menghubungi Anda.

“Jadi jika mereka membutuhkan alamat rumah, mereka akan menanyakan hal itu ke Anda,” jelas Jaras. Ia juga menyebut penggunaan warna serta font tidak boleh terlalu berlebihan agar tak mengganggu pengelihatan.

Dua atau Tiga Kalimat Rangkuman

Pada bagian pertama, isilah dengan dua atau tiga kalimat yang berisi penjelasan tentang siapa diri Anda, pernah bekerja di mana saja, dan apa saja kelebihan yang Anda miliki. “Anda bisa memanfaatkan bagian ini untuk membuat mereka suka dan melanjutkan membaca resume Anda,” jelasnya.

Kemudian, masih pada bagian pertama, Anda bisa memberikan penilaian terhadap pekerjaan yang Anda lamar. Sebutkan di dalam resume apa yang membuat Anda tertarik melamar pekerjaan tersebut. Usahakan memberikan penilaian yang jujur.

Tuliskan Pengalaman Anda

Jelaskan sedetail mungkin tentang kelebihan Anda. Di poin ini, Anda bisa menambahkan pekerjaan lama Anda, dan tugas apa yang dilakukan di sana. Jangan lupa sertakan penghargaan yang pernah didapatkan untuk memberi nilai tambah.

“Bisa juga ditambahkan strategi apa saja yang pernah Anda lakukan untuk menyukseskan pekerjaan sebelumnya,” tambah Jaras. Pada bagian ini, gunakan nomor-nomor yang berisi daftar keberhasilan Anda di perusahaan sebelumnya.

Ceritakan tentang Keunikan Anda

Akhir dari resume, disarankan Jaras, berisi informasi pribadi Anda. Pastikan buat cerita yang Anda tulis mudah diingat orang lain. Untuk memberikan kesan bahwa Anda merupakan sosok berkepribadian kuat dan berkesan, Anda bisa memberi judul ‘Kolektor Perangko’ pada resume Anda.

Selain berisi tentang pekerjaan, Anda juga dapat menyertakan hobi yang unik yang Anda lakukan. Meski tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini, hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri di mata pewawancara.

Jaras menuturkan, ada seorang klien yang berhasil mendapatkan pekerjaan di Google. Kliennya tersebut rupanya diminta memainkan akordeon saat diwawancara. Dan permainannya sangat lancar. “Nah, manajer perekrutan memberitahu dia jika dia diterima karena kepiawaiannya,” pungkas Jaras.