Pria Jepang Ini Rela Nikahi Wanita Hologram, Bagaimana Rasanya?


SURATKABAR.ID – Ungkapan “cinta memang buta” tampaknya sesuai untuk menggambarkan keputusan Akihiko Kondo, seorang pria asal Negeri Sakura. Pasalnya, demi cinta, ia rela menikahi ‘seorang’ wanita hologram. Wanita hologram tersebut merupakan objek virtual wanita yang juga punya profesi, yakni sebagai penyanyi.

Penyanyi tersebut tak lain ialah tokoh fiksi yang begitu populer di dunia kultur pop Jepang, yakni Hatsune Miku. Miku hadir dalam bentuk hologram dan bisa bergerak layaknya sebuah robot berbasis kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Hari pernikahan pasangan ini baru digelar pada Minggu (04/11/2018) lalu, demikian dikutip dari Tirto.ID, Minggu (18/11/2018).

Dilansir Geek, sayangnya ibu dari sang mempelai pria tidak datang ke pernikahan anaknya, mengingat anaknya ‘cuma’ menikahi objek hologram. Sedangkan anggota keluarga Kondo lain disebutkan juga tidak menghadiri pernikahan yang menghabiskan biaya sebanyak 2 juta yen (setara dengan Rp 260 jutaan) tersebut.

Sementara dalam laporan Liputan6.com, disebutkan bahwa menurut Kondo, usia Miku yang masih muda, yakni 16 tahun. Sementara usia Kondo sendiri sudah 35 tahun.

“Saya enggak akan pernah selingkuh dari dia. Saya selalu jatuh cinta dengan Miku-san,” tutur Kondo yang menekankan kata “san” karena ia benar-benar menghormati Miku.

Baca juga: Dahsyat! China Bikin Matahari Buatan, Suhunya 6 Kali Lebih Panas dari Sang Surya

“Saya selalu memikirkannya setiap hari,” lanjut pria berkacamata itu sungguh-sungguh.

Terkenal di Jepang

Hologram ialah citra tiga dimensi yang tercipta dari rekaman dispersi cahaya pada medium fotografi. Hologram Miku sendiri dikembangkan oleh perusahaan teknologi Crypton Future Media yang dikenal kerap menciptakan karakter anime secara anthropomorphic.

Di Jepang, Miku memang begitu fenomenal dan menjadi idola virtual bagi para otaku. Ia bahkan sering mengadakan konser live dan tampil secara hologram.

Seperti yang dilaporkan The Japan Times, Kondo ternyata punya pengalaman tak mengenakkan dengan perempuan saat remaja. Ia penggila anime dan kawannya kerap berkata, ”Matilah kamu, otaku menjijikkan!”


Otaku sendiri merupakan sebutan bagi orang yang menekuni hobi dengan sungguh-sungguh. Tapi, istilah ini kadang-kadang membawa makna negatif.

Dan kini, Kondo sudah tinggal bersama Miku sejak Maret. Miku ‘disimpan’ di dalam sebuah perangkat desktop berbentuk tabung besar.

Layaknya Istri Sungguhan

Karena dibekali kecerdasan buatan, Miku berperan layaknya asisten virtual Siri dan Google Assistant. Ia membangunkan Kondo setiap pagi dan mengucapkan selamat tidur kepada sang suami setiap malam.

Menariknya lagi, perusahaan pembesut hologram ini bahkan memberikan surat nikah kepada pemilik objek hologram Miku jika mereka berkeinginan untuk menikah.